Persiapkan Ini Sebelum Membuka Usaha Cuci Motor

Pertumbuhan kendaraan bermotor dalam negeri yang selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan. Harga motor yang masih relatif terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah serta adanya layanan kredit motor menjadi alasan semakin menjamurnya kendaraan ini.

Mengingat banyaknya jumlah motor di Indonesia serta fakta bahwa hampir setiap rumah memiliki lebih dari satu motor membuat bisnis cuci motor memiliki prospek yang bagus. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh motor, semakin banyak orang yang bergantungpada motor sehingga menjadikannya sarana utama dalam beraktivitas.

pexels.com

Untuk membuka usaha cuci motor, diperlukan beberapa persiapan yang harus dilakukan. Persiapan yang harus dilakukan tersebut di antaranya persiapan tempat usaha, persiapan perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan, persiapan peralatan tambahan serta persiapan tenaga kerja. Berikut ulasan tentang poin-poin yang harus dipersiapkan dalam memulai usaha cuci motor:

  1. Tempat usaha

Untuk memulai usaha cuci motor, diperlukan tempat usaha setidaknya 4 x 4 meter persegi. Tempat dengan ukuran 4 x 4 meter persegi tersebut setidaknya dapat menampung 3 buah motor yang akan dicuci sekaligus. Luasan tersebut merupakan luasan minimal yang harus disediakan untuk memulai usaha cuci motor.

Meskipun kecil, namun luasan tempat tersebut sudah cukup untuk memulai usaha cuci motor karena Anda bisa memaksimalkan usaha cuci motor yang dijalankan. Tempat usaha yang kecil juga bisa membuat Anda menekan pengeluaran untuk modal awal usaha. Setelah pelanggan yang datang sudah cukup banyak, Anda bisa memperluas tempat usaha cuci motor tersebut.

Selain menyediakan tempat untuk mencuci motor, Anda juga perlu menyediakan ruangan tempat pelanggan menunggu. Sediakan ruang tunggu yang nyaman dan tidak terlalu dekat dengan lokasi pencucian meskipun hanya tempat untuk duduk bagi pelanggan. Ruang tunggu yang perlu di sediakan untuk pelanggan setidaknya memiliki luas 5 x 5 meter.

  1. Tenaga kerja

Mencari bantuan tenaga kerja merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini harus dilakukan karena Anda tidak mungkin melakukan semua hal sekaligus saat  melakukan bisnis cuci motor. Anda akan membutuhkan tenaga yang khusus menangani pencucian dan tenaga yang khusus menangani pelanggan dan pembayaran.

Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam tahap awal memulai usaha cuci motor kurang lebih 3 orang. Tenaga kerja tersebut dapat difokuskan pada pekerjaan mencuci motor pelanggan, sementara Anda sebagai pemilik dapat menangani pelanggan secara langsung dan menerima pembayaran dari mereka.

Tenaga kerja yang dicari sebaiknya pria karena pekerjaan mencuci motor merupakan pekerjaan yang cukup berat dan menguras tenaga. Pilihlah tenaga kerja yang rajin dan mau belajar untuk mengoperasikan berbagai peralatan yang digunakan dalam proses mencuci motor misalnya sistem hidrolik atau mesin kompresor.

Carilah pekerja yang baik dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya sehingga hasil yang didapatkan bisa maksimal. Usahakan untuk mencari pekerja yang tempat tinggalnya dekat dengan tempat usaha. Dengan begitu, saat jumlah karyawan semakin banyak, Anda tidak perlu menyiapkan mess.

pexels.com
  1. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan

Perlengkapan dan peralatan usaha harus disiapkan sebelum membuka usaha cuci motor karena akan memudahkan dalam menjalankan usaha cuci motor. Dalam memulai usaha cuci motor, tidak disarankan untuk menggunakan cara manual. Hal ini karena tidak hanya membutuhkan banyak waktu, hasil cucinya juga tidak optimal.

Peralatan kerja utama dalam memulai usaha cuci motor adalah pompa air serta kompresor. Kedua peralatan tersebut merupakan peralatan yang sangat dibutuhkan karena akan mempermudah dalam proses mencuci motor. Selain kedua peralatan tersebut perlengkapan usaha juga dibutuhkan.

Perlengkapan usaha yang dibutuhkan adalah sikat, kain lap, sampo khusus motor, cairan pengkilap motor dan ban motor. Carilah distributor yang menawarkan harga terbaik saat mencari sampo dan cairan pengkilap. Belilah produk tersebut dalam jumlah besar sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari distributor.

Selain peralatan dan perlengkapan standar tersebut, dapat juga menggunakan peralatan tambahan seperti tangki snow. Tangki snow merupakan peralatan yang menghasilkan buih salju untuk menghasilkan efek cuci salju. Peralatan ini menggunakan kompresor yang menghasilkan buih salju dari cairan pembersih khusus.

Melakukan promosi yang menarik merupakan trik yang bisa membuat usaha cuci motor Anda didatangi banyak pelanggan. Promosi yang dilakukan perlu dibedakan untuk pelanggan baru dan pelanggan lama. Menarik pelanggan baru dapat dilakukan dengan media spanduk atau media reklame lain yang membutuhkan jasa laser cutting.

Dengan jasa laser cutting, media reklame yang dihasilkan bisa lebih menarik dan memberikan kesan yang lebih modern dibanding media reklame seperti spanduk. Selain itu, desain media reklame juga bisa dikonsultasikan dengan penyedia jasa agar media reklame yang dihasilkan bisa menarik banyak pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *