Tips Menjadi Seorang Blogger Ini Wajib Kamu Ketahui

Apapun yang kamu lakukan, kamu tentu mendambakan kesuksesan, termasuk dengan menjadi blogger. Blogger yang sukses memiliki blog yang banyak dibaca dan diikuti orang lain, memiliki dampak positif, dan memiliki konten yang baik.

Bagi kebanyakan blogger, kesuksesan blogging juga tergantung pada jumlah pengikut setia. Bagaimana tips menjadi seorang blogger yang sukses? Ini dia jawabannya.

Membuat Konten yang Baik

pexels.com

Sebelum memulai tips pertama, kamu harus membuat platform blog terlebih dahulu. Kamu bisa memilih blog dengan layanan self hosting atau platform gratis. Platform gratis pun memiliki banyak fitur dan penggunaannya mudah.

Salah satu blog gratis adalah WordPress. Kamu bisa membaca panduan membuat blog dengan WordPress untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Hal yang utama dan inti dari blogging adalah membuat konten yang baik. Tanpa konten berkualitas, blog kamu tidak akan pergi kemana-mana. Selain konten yang baik, pemasaran atau promosi dan desain blog kamu juga memegang peranan penting, namun tidak akan berfungsi jika kamu tidak memiliki kualias dari segi konten.

Ketika kamu melakukan strategi pemasaran untuk blog, hal itu akan berdampak pada naiknya visitor blog kamu, namun untuk membuat visitor atau pembaca tersebut loyal terhadap blog kamu adalah dengan menyediakan konten yang baik dan yang mereka butuhkan.

Tips membuat konten yang baik adalah dengan mengambil topik pada hal yang dibutuhkan pembaca, bisa dari segi informasi ataupun hiburan. Jika kamu membuat konten tentang pengalaman sehari-harimu, orang mungkin akan tetap membacanya namun lebih baik jika kita berfokus pada kebutuhan pembaca terlebih dahulu, sehingga pembaca bisa berlangganan membaca blogmu.

Selanjutnya, tentukan pasar blog kamu. Pasar ini kemudian yang akan menjadi tema blog, misalnya saja blog parenting, kecantikan, style, dekorasi rumah, atau keuangan, dan masih banyak lagi.

Dengan menentukan pasar seperti ini bisa membuat blog kamu lebih menarik orang yang memiliki ketertarikan serupa dan membuat brand image dari blog kamu sendiri. Menentukan audiens yang spesifik akan membuat cakupan saing kamu menurun karena blog kamu mengusung tema yang spesifik.

Membuat konten yang baik juga harus bisa membuat para pembaca menjadi pembaca setia, kemudian menjadi pengikut yang berlangganan di laman blog kamu. Kamu bisa menyiasatinya dengan cara menyisipkan link yang terhubung ke artikel di blog kamu yang lainnya.

Kamu bisa menyisipkan di tengah artikel atau mencantumkan daftarnya di akhir artikel pada masing-masing post. Hal ini juga berguna untuk pembaca kamu agar bisa mendapatkan informasi lebih dalam atas topik yang kamu buat, atau memperluas wawasan pembaca.

Melakukan Promosi

pexels.com

Tips menjadi seorang blogger yang selanjutnya adalah melakukan promosi. Terkadang, ketika baru memulai sebuah blog kita menjumpai halangan berupa keraguan untuk melakukan promosi diri, baik secara langsung maupun di media sosial pribadi kamu.

Namun, jika kamu ingin sukses, maka usaha yang perlu dilakukan datang dari dirimu sendiri. Jangan ragu untuk mempromosikan blogmu. Kamu bisa mempelajari cara memasarkan blogmu menggunakan sosial media dan mempelajari fungsi komentar di blog untuk melakukan promosi.

Lakukan promosi blog secara seimbang. Formula yang banyak diterapkan para blogger dalam mempromosikan blog mereka adalah dengan menggunakan formula 80-20, yakni 80% untuk promosi atas hasil kerja orang lain kepada kolega atau rekan terdekat, dan 20% untuk mempromosikan hasil kerja dan produk sendiri di blog.

Kamu juga bisa mencoba berbagai hal yang mungkin untuk mempromosikan blog kamu. Tetaplah bereksperimen untuk mengetahui cara yang paling efektif untuk promosi blog kamu.

Gunakan statistik blog kamu dan fungsi komentar untuk mengetahui umpan balik dari para pembaca kamu. Jika kamu tidak menemukan hasil dari hasil observasi ini, kamu bisa melakukan polling untuk mengetahui tanggapan pembacamu.

Selanjutnya, tentukan konten mana yang akan menjadi headline atau konten pertama yang dilihat saat blog kamu dikunjungi. Hal-hal tersebut mencakup item-item yang bisa dilihat tanpa harus melakukan scrolling.

Hal yang paling penting adalah mengetahui siapa kamu dan apa yang kamu lakukan melalui blog. Jika tidak dicantumkan di judul utama, kamu bisa menaruhnya di baris sub judul atau membuat tagline.

Jika kamu membuat blog untuk kepentingan bisnis, kamu juga bisa menambahkan opsi menghubungi agar orang lain bisa langsung mengkontakmu untuk pemesanan atau bertanya tentang produk yang kamu jual.

Hal yang terakhir harus dilakukan adalah dengan mencari cara agar blog kamu bisa meraih cakupan pembaca yang lebih besar. Selain melakukan promosi secara online, penting juga untukmu melakukan promosi secara offline dengan meraih kenalan lebih banyak.

Cara memperluas relasi kamu adalah dengan berkenalan dengan para pegiat media sosial atau forum industri jika kamu berbisnis melalui blog. Kamu juga bisa melakukannya dengan memberikan news letter kepada para kenalan kamu.

Menggunakan cara yang kekinian juga bisa menjadi pilihan, salah satunya membuat podcast dan mengunggah konten video yang relevan dengan topik blog dan bersifat menarik.

Demikian tips-tips yang bisa kamu lakukan sebagai seorang blogger agar kamu bisa sukses dalam blogging.