Tanda dan Gejala Paru-paru Basah Yang Perlu Diketahui

Paru-paru basah merupakan sebuah kondisi di mana terdapat peradangan pada salah satu maupun kedua bagian paru-paru. Penyakit yang satu ini terjadi karena adanya infeksi pada paru-paru. Kondisi yang terjadi pada paru-paru basah adalah terdapat timbunan cairan karena adanya peradangan pada jaringan paru-paru. Penyakit ini tentu harus segera ditangani agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan yang lebih serius dan lebih membahayakan. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai gejala paru-paru basah yang harus segera ditangani dengan baik dan benar.

1. Batuk

Tanda yang pertama adalah batuk. Jika kamu mengalami batuk kering maupun batuk berdahak yang memiliki warna aneh, sebaiknya segeralah periksakan ke dokter kesayanganmu. Warna aneh tersebut antara lain kuning, cokelat, hijau, dan bahkan merah.

2. Nyeri dada

Nyeri dada merupakan salah satu pertanda terjadinya paru-paru basah. Untuk nyeri dada yang dimaksud adalah ketika terjadi proses batuk.

3. Sesak napas

Sesak napas memang menjadi pertanda adanya sesuatu yang tidak beres pada paru-paru. Sesak napas ini bahkan bisa terasa ketika sedang beristirahat dan tentu sangat mengganggu.

4. Demam dan berkeringat

Demam memang sebuah penyakit yang sering terjadi pada manusia. Namun, jika demam berlangsung cukup lama dan disertai keringat berlebih, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapat diagnosa yang tepat.

5. Jantung berdebar

Jantung yang berdebar lebih kencang dari biasanya menadakan ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Salah satu hal yang bisa menyebabkan jantung berdebar adalah paru-paru basah. Jika hal ini terjadi, jangan pernah ragu untuk datang ke dokter karena ini cukup berbahaya jika tidak segera ditangani.

6. Kehilangan nafsu makan

Tubuh manusia tentu normalnya membutuhkan makan. Selain itu, tubuh juga akan memberikan sinyal berupa nafsu makan agar manusia akan segera berusaha mencari asupan makanan. Sayangnya, jika hal ini tidak terjadi berarti ada sesuatu yang tidak beres. Salah satu penyebabnya adalah gejala paru-paru basah.

Demikianlah artikel mengenai gejala paru-paru basah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mempelajari lebih dalam mengenai gejala penyakit paru-paru yang satu ini. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *