Memahami Istilah Suara Pleci Ngalas Nembak

Pecinta burung akan sangat kagum ketika mendengar suara pleci ngalas nembak dengan maksimal. Kicauan seperti ini memberikan poin lebih tinggi. Cocok sekali diadu dalam sebuah kontes.

Penggemar pleci tentu saja berharap pleci yang dipeliharanya bisa mencapai tahap tersebut. Untuk mencapainya, pelatihan akan terus dilakukan. Dan ini dilakukannya semenjak peliharaannya masih muda.

Pelatihannya ini dilakukan dengan memperdengarkan kicauan burung sejenis ataupun burung lainnya. Kicauan inilah yang akan terekam dalam memori pleci. Kemudian, pleci bisa menirukannya dengan sama baiknya.

Istilah Kicauan Burung Pleci

Cukup banyak istilah yang ada dalam kicauan burung ini. Sebagai penggemarnya, tentunya ini penting untuk dipahami. Jangan sampai istilah sederhana ini malah membuat Anda malu sendiri lantaran kurang paham.

  1. Ngalas

Istilah pertama ialah ngalas. Ngalas diserap dari bahasa Jawa. Artinya ialah hutan atau alam bebas dimana merupakan habitat asli dari hewan.

Istilah ini mengacu pada kemampuan burung dalam mengeluarkan kicauannya seperti ketika hidup di alam bebas. Ini berarti bahwa pleci sedang mengeluarkan karakter suara aslinya.

  1. Ngeplong

Istilah ini mengacu pada kemampuan burung dalam melantunkan nada yang tegas dan keras. Irama yang dilagukan lebih bervariasi. Irama kicauannya yang bervariasi ini bersumber dari pelatihan menggunakan master.

Ketika pleci sudah masuk tahap ini, kicauannya akan sangat menarik. Iramanya yang bervariasi dengan tempo yang cepat dan lebih keras memungkinkan Anda bisa mendengar kicauannya dari jarak yang cukup jauh.

  1. Ngeroll

Istilah ngeroll ini berkaitan sekali dengan kemampuan burung pleci dalam berkicau lebih bagus lagi. Suara yang dikeluarkan akan terus tersambung sehingga irama yang terdengar akan semakin panjang.

Burung baru bisa ngeroll yang istimewa jika sudah menguasai ngeplong dan ngalas. Dua kemampuan ini dikombinasikan dan dilagukan secara sambung menyambung, atau tidak ada putusnya sama sekali.

Suara aslinya masih ada, kemudian disambung dengan suara masteran (variasi suara) tanpa adanya jeda. Volume suaranya bisa naik turun. Kemudian ada tipe suara yang didengungkan dengan cukup lantang sehingga bisa terdengar dari kejauhan.

pickupimage.com
  1. Nembak

Istilah yang keempat adalah nembak. Pleci dikatakan sudah menguasainya bila kicauannya tidak putus-putus (ngeroll), kemudian beberapa kali diselingi dengan isian suara dari burung lainnya.

Tentunya, suara pleci ngalas nembak ini bakalan membuat kicau mania begitu bangga. Hanya saja, perlu latihan khusus yang harus dilakukan setiap waktu.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk membuat memorinya full dengan kicau aslinya, serta kicauan dari burung-burung lainnya. Tentunya, kicauan yang dihasilkan akan lebih varitif dan bisa lebih panjang sebagaimana yang dicontohkan dalam pelatihannya.

Cara Memperoleh Master Suara Pleci

Sebagai penggemar burung pleci, sudah seharusnya Anda rajin untuk melatihnya. Latihan ini bisa dilakukan setiap saat. Tentunya, harus dilakukan secara bertahap.

Pleci sendiri tidak mampu melantunkan lagu yang bervariasi bilamana tidak pernah mendengar bunyi-bunyian. Jika ini dibiarkan, pleci hanya akan mampu mengeluarkan suara yang merupkan kekhasan/bakat alaminya.

Menyadari akan hal ini, sudah semestinya jika Anda disarankan untuk melatihnya. Terlebih bagi Anda yang ingin menikmati kicauannya yang lebih khas. Serta ingin membawanya ke perlombaan.

Mengenai pelatihannya, Anda cukup memiliki masternya. Master ini berupa isian lagu/kicauan burung yang memang biasa didengungkan oleh pleci. Artinya, pleci biasanya lebih mudah untuk menirukannya.

Master ini bisa diperoleh dengan dua cara. Cara yang pertama ialah mendownloadnya secara langsung di internet. Di internet, Anda akan memperoleh puluhan master kicauan yang mana bisa dimanfaatkan.

Master ini biasanya dibedakan sesuai kebutuhan. Misalnya master untuk mempercepat dalam ngalas, ngeplong, ngeroll dan nembak. Masing-masing sudah disediakan sesuai dengan durasinya.

pickupimage.com

Cara yang kedua ialah dengan mengunduh langsung aplikasi di playstore. Anda yang sudah menggunakan perangkat android bisa langsung mencari aplikasinya di dalamnya. Aplikasi ini cukup diunduh, dan tinggal dicari master isiannya sesuai jenisnya.

Anda tinggal memutarnya sesuai kebutuhan. Bila plecinya masih muda, ajari untuk ngalas terlebih dahulu. Jika sudah mampu, lanjutkan ke pemutaran audio berupa isian ngeplong.

Begitu seterusnya sampai pleci benar-benar menguasai keseluruhan suara. Jika sudah mampu menguasainya, cobalah untuk mendekatkan dengan pleci lainnya. Perhatikan bagaimana dengan mentalnya.

Ketika mentalnya bagus, pleci akan terus berkicau. Seakan suara yang dihasilkan jauh lebih baik dan bisa menjatuhkan lawannya. Karena kemampuan inilah yang menjadi penanda kekuatan dari burung.

Kesimpulannya, pleci manapun bisa menghasilkan suara yang bagus dan lebih panjang. Kuncinya terletak pada bagaimana cara Anda melatihnya. Jika pelatihannya rutin dan sesuai waktunya, suara pleci ngalas nembak ini akan segera didengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *