Sekilas Tentang ASEAN dan Anggotanya

of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi terbesar yang ada di wilayah Asia Tenggara. Lembaga ini menfasilitasi berbagai jenis kerja sama antar 10 negara. Adapun tujuan utama dari berdirinya organisasi ini adalah untuk menciptakan wilayah yang damai, aman dan sejahtera. Hingga saat ini ASEAN masih aktif dan terus menjadi tempat untuk memberikan berbagai solusi atas masalah yang dihadapi oleh setiap anggotanya.

 

Sejarah Singkat ASEAN

Organisasi ini pada awal mulanya terbentuk karena adanya situasi yang sering menyebabkan terjadinya konflik pada tahun 1960an. Untuk mengatasi hal tersebut, akhirnya pada tanggal 8 Agustus 1976 terbentuklah ASEAN yang bertempat di Bangkok. Adapun perwakilan dari lima negara yang menjadi pencetus adalah Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina dan Thailand.

 

Masyarakat ASEAN

Anda pastinya kerap kali mendengar istilah masyarakat ASEAN. Mereka adalah kesatuan bangsa di wilayah Asia Tenggara. Awal mula didirikannya masyarakat ini adalah adanya isu mengenai krisis ekonomi yang secara besar-besaran telah terjadi pada tahun 1997. Oleh karena itu, kultur masyarakat ini dicipatakan agar terbentuk masyarakat dengan perekonomian yang memiliki daya tahan tinggi. Selain isu ekonomi, masih ada isu lain seperti terorisme, kejahatan lintas batas, narkotika hingga masalah lingkungan.

 

Tujuan ASEAN

Tujuan ASEAN pada intinya ingin memberantas secara bersama-sama semua masalah tersebut. Adapun negara-negara ASEAN yang berkerja sama meliputi semua negara di wilayah Asia Tenggara. Mulai dari Indonesia, Vietnam, Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Myanmar dan Laos.

 

ASEAN Hari Ini

Perlu Anda ketahui, ASEAN merupakan salah satu kawasan di Asia yang digadang-gadang menjadi pemimpin ekonomi dunia pada tahun 2030 yang akan datang dengan prediksi GDP sebesar $2.7 milyar. Perekonomian ASEAN memang terus meroket dari tahun ke tahun. Sejak akhir era 70an, GDP ASEAN terus meningkat dengan rata-rata peningkatan sebesar 5%. Bahkan IMF memprediksi bahwa perekomian ASEAN akan terus meningkat beberapa tahun ke depan. Tentu salah satu negara di ASEAN yang digadang-gadang bakal maju dari segi ekonomi yaitu Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *