Tips Memilih Pakaian Jadi yang Nyaman Dipakai

Kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa ditawar keberadaannya adalah sandang, pangan dan papan. Sandang atau pakaian selain dibutuhkan sebagai penutup aurat juga sebagai pelindung dari cuaca dingin dan panas.

Pakaian juga merupakan bagian dari keindahan dan estetika yang akan menunjang penampilan seseorang. Tidak jarang juga pakaian menjadi identitas dari pemakainya.

Begitu banyaknya fungsi dan manfaat dari pakaian apakah berarti harus berharga mahal dan mewah? Tentu saja tidak. Karena yang mewah belum tentu cocok dipakai dan yang mahal bisa terlihat seperti murahan kalau kurang sesuai.

Yang terpenting dari sebuah pakaian adalah bisa membuat kita yang memakainya merasa nyaman. Kalau nyaman secara otomatis akan membuat lebih percaya diri.

Tapi nyatanya bukan hal mudah untuk bisa memilih dan mendapatkan baju yang nyaman dipakai. Kadang kita terbuai pada harga yang mahal tetapi ternyata kurang enak dipakai. Memilih pakaian yang nyaman dan enak dipakai akan lebih mudah dengan melihat beberapa faktor berikut ini.

Cara Memilih Pakaian Jadi yang Enak dan Nyaman Dipakai

pexels.com

Sesuaikan dengan Bentuk atau Postur Tubuh

Mau pakaian paling mahal sekalipun akan terlihat kurang bagus kalau tidak pas dipakai. Baju yang kurang pas modelnya ataupun ukurannya dengan postur tubuh seseorang hanya akan mengurangi penampilan.

Tidak banyak orang yang terlahir dan dikaruniai postur tubuh yang sempurna sehingga bisa memakai baju seperti apapun.

Dalam memilih pakaian agar nyaman saat dikenakan jangan abaikan pengaruhnya pada bentuk tubuh. Beberapa model pakaian tertentu belum tentu cocok dengan postur tubuh Anda dan malah akan menonjolkan kekurangan. Saat memilih dan membeli baju sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini.

▪ Pola atau motif pada baju, misalnya garis horizontal akan membuat tubuh terlihat lebih gemuk atau lebar. Sedangkan garis vertikal akan membuat kesan lebih langsing.

▪ Letak pinggang, maksudnya adalah bagian pinggang yang rendah akan membuat kesan lebih ramping. Sedangkan potongan pinggang yang tinggi akan membuat bagian dada menjadi lebih besar.

▪ Ukuran, dimana pakaian dengan potongan longgar akan menyembunyikan bentuk dan postur tubuh. Sedangkan baju yang sempit akan menonjolkan lekuk tubuh.

Pakai Ukuran yang Pas

Pakaian yang nyaman dipakai adalah yang ukurannya pas dengan tubuh, tidak kebesaran dan tidak kekecilan. Jadi pastikan Anda mengetahui dengan pasti berapa ukuran baju Anda saat membeli fashion online maupun di toko.

Baju yang kebesaran akan merepotkan sedangkan pakaian dengan ukuran kekecilan akan membatasi gerakan.

Lihat Penampilan di Bagian Belakang

Kalau Anda akan membeli baju di toko selalu harus dicoba terlebih dahulu di depan cermin. Kemudian amati dengan baik-baik bagaimana baju tersebut menempel di tubuh, apakah pas atau ada yang kurang.

Jangan lupa juga untuk berputar dan melihat bagian belakang. Banyak baju yang terlihat bagus dari depan tapi kurang pas di bagian belakangnya. Otomatis bisa mengurangi kenyamanan saat dipakai.

Setelah tahu bagaimana cara memilih pakaian yang nyaman dikenakan dengan menggunakan tips sederhana di atas, apakah itu cukup? Jawabannya adalah belum. Baju akan lebih nyaman dipakai ketika Anda bisa benar-benar yakin bahwa kualitasnya bagus. Begini cara mengenali kualitas baju.

Tips Mengenali Kualitas Baju

pexels.com

Bahan yang Digunakan

Nyaman tidaknya baju saat dipakai sangat dipengaruhi oleh jenis bahan yang digunakan. Kalau ingin pakaian yang bisa nyaman dipakai dalam cuaca apapun sebaiknya pilih yang dibuat dari bahan serat alami. Contohnya adalah kain katun, sutera atau wool. Selain nyaman, ketiga jenis kain tersebut juga awet dan tahan lama.

Rasakan Sentuhannya Pada Kulit

Fungsi mencoba baju saat akan membelinya selain untuk melihat apakah pas atau tidak pada tubuh kita juga untuk mengetahui kualitasnya. Saat mencoba pakaian tersebut secara otomatis bahan akan bersentuhan dengan kulit kita.

Nah, saat itulah coba rasakan bagaimana rasanya saat kain menempel di kulit. Apakah terasa nyaman, lembut, halus atau sebaliknya kaku, keras dan tidak enak di kulit.

Lihat Kerapatan Jahitan

Jangan hanya fokus pada model, ukuran, warna, motif dan harga saja saat membeli baju di toko. Kualitas dari pakaian akan awet atau tidak sebenarnya juga dipengaruhi oleh mutu dari jahitannya.

Pakaian yang dijahit dengan rapat dan rapi tentu akan lebih awet karena tidak mudah robek dan jebol saat dipakai. Sebaliknya jika pada jahitan baju terlihat banyak celahnya biasanya akan cepat rusak.

Cara untuk melihat bagaimana kerapatan pada jahitan baju adalah dengan sedikit meregangkannya dengan tangan. Nantinya akan terlihat rapat dan tidaknya jahitan pada baju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *