Nama Ilmiah Kacang Tanah Serta Morfologinya

Sering dengar tanaman bernama kacang tanah? Tentu sudah tak asing lagi bukan? karena banyak makanan berbahan dasar kacang. Namun tahukah kamu apa nama ilmiah dari kacang tanah?  Nama ilmiah dari kacang tanah adalah arachis hypogaea. Sedangkan jenis kacang tanah yang banyak ditemukan dan ditanam di Indonesia memiliki nama ilmiah Arachis hypogeae L.

Kacang tanah sendiri sangat cocok hidup di indonesia yang memiliki cuaca panas. Karena tanaman yang satu ini cocok tumbuh di tempat terik seperti indonesia. Sehingga tak aneh jika tanaman ini begitu mudah ditanam.

Morfologi Kacang Tanah

Selain nama ilmiah, anda juga harus tahu mengenai morfologi dari kacang tanah, seperti:

  1.     Akar

Kacang tanah merupakan tanaman yang memiliki akar tunggang, di mana akar tersebut bisa mencapai 40 cm di bawah tanah. Akar pada kacang tanah berfungsi sebagai alat untuk menyerap berbagai nutrisi serta menyerap air.

  1.     Batang

Batang pada kacang tanah memiliki bentuk bulat serta tak berkayu, dan tipe pertumbuhan tanaman ini merupakan pertumbuhan tegak. Batangnya berdiri tegak dengan panjang 60-70cm. memiliki batang dengan warna hijau sampai dengan berwarna ungu. Batangnya ada yang tegak sekaligus ada pula yang menjalar.

  1.     Daun

Daun pada tanaman kacang tanah memiliki warna hijau. Tanaman yang satu ini daunnya terdiri dari daun bersirip genap dinama daunnya memiliki tangkai panjang.

  1.     Bunga

Siapa bilang jika tanaman kacang tanah tak memiliki bunga? Faktanya tanaman yang satu ini memiliki Bunga berwarna kuning yang akan mekar saat malam dan akan diserbuki begitu pagi, dan akan layu di saat sore. Bunga pada kacang tanah adalah bunga sempurna dimana alat kelamin wanita dan pria terdapat pada bunga tersebut. untuk mahkota bunganya memiliki warna kuning dan memiliki 5 helai dimana bentuknya berbeda-beda.

  1.     Biji

Biji pada tanaman kacang berada pada polong kacang. Bijinya memiliki bentuk bulat dan sedikit lonjong . warna dari biji nya juga bervariasi seperti putih, ungu, atau merah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *