Masjid Terbesar di Indonesia Berarsitektur Paling Menarik

Masjid terbesar di Indonesia di bawah ini bisa dijadikan tujuan wisata religi karena memiliki arsitektur bangunan yang indah dan menarik. Indonesia memang negara dengan mayoritas penduduknya beragama islam. Jadi banyak sekali dibangun masjid megah yang berarsitektur yang menakjubkan.

Menjadi sangat tidak mengherankan jika beberapa masjid di bawah ini sering dijadikan destinasi wisata religi yang harus dikunjungi. Berikut akan diulas daftar masjid paling besar di Indonesia yang juga memiliki desain yang menakjubkan.

Masjid Indah Terbesar di Pulau Jawa

pixabay.com

Masjid Istiqlal

Masjid paling besar di Indonesia dengan desain yang menarik pertama adalah Masjid Istiqlal. Tidak hanya di Indonesia, bahkan masjid ini diklaim merupakan masjid paling besar di Asia Tenggara. Masjid dengan arsitektur modern nan menakjubkan ini bisa menampung hingga 200.000 jama’ah.

Bahkan masjid ini bisa lebih besar dan luas jika kita lihat dari halaman dan area lainnya. Hal ini untuk mengakomodasi para wisatawan religi yang banyak berdatangan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal.

Pembangunan masjid ini syarat dengan sejarah, karena Presiden Soekarno lah yang meletakkan batu pertama pembangunan, yakni pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitektur modern yang menarik dan menakjubkan ini dapat Anda kagumi berkat kerja keras arsiteknya yaitu Frederich Silaban.

Jika ditelisik secara mendetail, masjid ini terdiri dari 5 lantai dengan satu kubah megah nan besar berdiameter 45 meter. Sedangkan untuk menopang kubah tersebut adalah 12 tiang besar yang kokoh dan indah. Masjid ini juga memiliki satu menara setinggi 96,66 meter yang menjulang di sudut selatan selasar.

Masjid Nasional Al-Akbar

Masjid ini lebih dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya yang merupakan masjid paling megah di Provinsi Jawa Timur. Bukan itu saja, bahkan masjid agung ini termasuk dari 7 masjid terbesar di Asia Tenggara.

Masjid ini dirancang oleh tim arsitek dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan dibantu oleh konsultan ahli yang penuh pengalaman. Jadi tidak heran kalau masjid belantai marmer Lampung ini begitu indah dan sering dijadikan tujuan wisata religi.

Masjid Agung Surabaya dibangun atas prakaras dari Walikota Surabaya saat itu, yaitu Soenarto Soemoprawiro. Masjid ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu 1 kubah besar yang ditemani dengan 4 kubah kecil biru dan menara yang menjulang setinggi 99 meter.

Masjid Indah Terbesar di Luar Jawa

pixabay.com

Masjid Agung Baiturrahman

Masjid terbesar di Indonesia dengan arsitektur yang indah berikutnya adalah Masjid Agunga Baiturrahman. Masjid yang dibangun pada tahun 1612 oleh Kesultanan Aceh ini terletak tepat di pusat Kota Banda Aceh.

Masjid yang selamat dari bencana tsunami ini memiliki arsitektur bangunan khas Moghul yang memukau. Belum lagi jika dilihat dari ukiran-ukiran kaligrafinya yang tidak kalah indah. Desain luar masjid ini juga pantas dijadikan destinasi wisata religi dengan adanya kolam pancuran air khas Kesultanan Turki.

Masjid yang bisa menampung hingga 9.000 jama’ah ini memiliki luas 4.760 m². Masjid Agung Baiturrahman ini lantainya terbuat dari marmer indah dari Italia. Masjid ini juga memiliki 7 kubah, 4 menara dan 1 menara induk yang membuatnya begitu megah dan indah.

Masjid Islamic Center, Samarinda

Masjid ini merupakan masjid paling besar kedua di Indonesia dan Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Masjid ini juga memiliki desain bangunan dan arsitektur yang indah. Tidak jarang umat islam berbondong-bondong menuju masjid ini untuk berwisata religi.

Masjid ini dibanguan di atas lahan seluas 43.500 m² sedangkan luas bangunan dan lantainya adalah 7.115 m² dan 10.235 m². Masjid ini juga memiliki 7 menara, ada 1 menara utama setinggi 99 meter yang disesuaikan dengan Asma’ul Husna.

Sejarah Masjid di Indonesia

Masjid merupakan tempat ibadah umat islam yang banyak ditemukan di Indonesia mengingat mayoritas penduduknya beragama islam. Jika dilihat berdasarkan sejarah, masjid mulai bertebaran di nusantara seiring penyebaran agama islam pada abad ke 12-16.

Mayoritas pembangunan masjid di Indonesia digagas oleh kerajaan-kerajaan islam pada saat itu. Pembangunan masjid mungkin agak tersendat pada masa kolonial karena harus berebut tanah dengan penjajah. Hingga saat ini, diperkirakan telah ada 600-800 buah masjid/mushola yang dibangun di Indonesia.

Demikianlah ulasan tentang masjid terbesar di Indonesia dengan desain arsitektur yang menarik dan megah. Arsitektur yang megah hanyalah salah satu faktor yang menjadikan sebuah masjid ramai dikunjungi jama’ah. Faktor lainnya berupa kebersihan dan kenyamanan termasuk di dalamnya karpet masjid yang berkualitas terbaik ya tentunya.