Masjid Megah Baiturrahman di Indonesia

Pada saat ini, banyak sekali masjid yang berdiri dengan berbagai bentuk dan keindahan. Bahkan dalam satu wilayah, berdiri beberapa mesjid yang dengan fungsi yang sama yaitu tempat ibadah umat Islam.

Masjid-masjid yang ada diberi nama dengan nama-nama Indah Allah, atau yang diambil dari asmaul husna.  Seperti masjid Jami’ Ar-rahim, Masjid As-Salam, Masjid Ar-rahim dan lain sebagainya.

Jika tidak mengambl dari nama-nama Allah, nama masjid biasanya diambil dari ayat Al-Qur’an atau dari bahasa arab yang memiliki makna yang Indah. Contohnya seperti Masjid Fattimatuzzahro yang diambil dari nama putri Nabi Muhammad SAW.

Salah satu masjid yang akan dibahas disini adalah masjid Baiturrahman. Nama ini diambil dari dua kata yaitu Baitu dan Ar-Rahman, yang digabungkan menjadi Baiturrahman.

Baitu dalam bahasa arab diartikan sebagai rumah dan Ar-Rahman merupakan salah satu nama agung Allah Swt yang berarti Maha Penyayang. Nama ini sering dipakai di berbagai masjid di beberapa wilayah di Indonesia.

Oleh karena itu, nama masjid ini tidak asing di telinga. Seperti masjid Baiturrahman Semarang, Masid Baiturrahman Solo, Purwokerto dan lain sebagainya. Bahkan hampir semua wilayah yang ada di Indonesia berdiri masjid dengan nama itu.

Nama masjid Baiturrahman ini mengandung makna untuk selalu mengingat bahwa masjid adalah rumah Allah yang paling suci dan mengisyaratkan bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Penyayang. Dengan harapan masjid ini akan selalu diingat.

unsplash.com

Masjid Baiturrahman Semarang

Masjid Baiturrahman di Semarang sendiri terletak di kawasan Simpang Lima yang merupakan pusat kota Semarang. Karena letaknya ini, membuat mesjid ini sangat mudah untuk dijangkau keberadaannya.

Masjid yang diresmikan oleh presiden RI kedua yaitu Presiden Soeharto yang menjadi salah satu masjid kebanggaan masyarakat Semarang. Bangunan masjid terlihat lebih klasik dengan menara menjulang tinggi. Masjid  memiliki 137 pondasi.

unsplash.com

Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Begitu juga dengan masjid megah bergaya Moghul yang merupakan salah satu kerajaan di India yang terletak di Aceh. Masjid Baiturrahman yang dikenal dengan sebutan Masjid Raya Baiturrahman ini menjadi masjid kebanggaan masyarakat Aceh.

Masjid ini memiliki sejarah yang sangat berkesan, bahkan pernah dihancurkan oleh pasukan Belanda pada tahun 1873. dan masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879 yang menjadikan Tengku Qadhi Malikul Adil sebagai imam pertama masjid ini.

Masjid ini juga menjadi lebih terkenal dengan adanya peristiwa luar biasa yang mengguncang Aceh pada tahun 2004 silam. Peristiwa tersebut merupakan tsunami  yang termasuk tsunami besar dan terdahsyat yang pernah ada di Indonesia.

Peristiwa itu tidak hanya melumpuhkan Aceh bahkan sampai terasa di negara tetangga. Dan anehnya masjid ini merupakan satu-satunya bangunan yang tetap berdiri dengan kokoh dengan posisi bangunan seperti sedia kala.

Hingga saat ini masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah akan tetapi, juga termasuk destinasi wisata. Karena memiliki seni yang sangat tinggi dan berbeda dengan masjid-masjid lainnya.

unsplash.com

Arsitektur dan desainnya sangat berkelas bahkan pada dinding dan pilar masjid dihiasi dengan be-relief. Interior lain seperti jendela kaca patri yang dihadirkan khusus dari Belgia, lantai dari Tiongkok dan tangga yang terbuat dari batu marmer.

Tidak hanya itu, karpet masjid Baiturrahman Aceh ini terbuat dari bahan khusus yang super premium. Ukiran pada pintu masjid sangat bernilai tinggi. Banyak wisatawan yang datang dari manca negara untuk melihat kemegahan masjid Baiturrahman ini.

Batu-batu yang ada pada bagian eksterior dari masjid berasal dari Belanda. Lampu hias gantung yang ada di sana terbuat dari bahan perunggu. Sebuah arsitektur berkelas dunia yang ditampilkan dari masjid ini.

Di tengah-tengah halam masjid juga terdapat kolam yang dikelilingi oleh bunga yang berwarna-warni. Hal itu semakin memperindah Masjid Baiturrahman, ditambah dengan hiasan payung di bagian halaman.

Masjid yang berdiri di wilayah Aceh ini merupakan masjid termegah sampai saat ini. Walaupun demikian, yang namanya masjid tentulah memiliki fungsi yang sama yakni sebagai tempat ibadah.

Di wilayah yang dijuluki serambi mekah ini juga berdiri beberapa toko yang menjual peralatan atau perlengkapan masjid. Beberapa toko jual karpet masjid dengan kualitas yang sudah tidak di ragukan lagi.

Berbagai jenis karpet baik produksi lokal maupun internasional di tawarkan di sini. Denga adanya Masjid Baiturrahman yang menggunakan permadani kelas internasional, membuat beberapa poperti masjid di wilayah ini cukup banyak diminati.

Jual karpet masjid yang berkualitas menjadi prioritas dari wilayah Aceh ini. Bahkan karpet dari manca negara seperti karpet yang berasal dari Turki ikut ada di banyak diminati.

Pada dasarnya, karpet masjid Baiturrahman yang ada di Indonesia ini, baik kecil maupun besar memiliki fungsi yang sama. Fungsi tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan kenyamanan pada jamaah.