Mangga Manalagi: Si Kecil Yang Manis dan Menyegarkan

Saat musim mangga telah tiba, banyak jenis mangga yang dijajakan oleh para penjual buah. Salah satu yang susah didapat namun menjadi favorit yakni mangga manalagi. Buahnya yang manis dan harum menghipnotis para penikmat mangga.

Mangga Manalagi Memiliki Daging Buah Yang Tebal dan Padat

Siapa yang tak menyukai mangga manalagi. Tentu saja banyak orang yang setuju bahwa mangga manalagi termasuk jenis mangga yang nikmat saat disantap. Meski hanya memakan mangga manalagi tanpa ditambahkan apapun, buah ini tetap menyajikan kenikmatan yang hakiki. Perpaduan dari dagingnya yang tebal dan padat serta rasa manis dan harum buahnya membuat mangga jenis ini dibandrol dengan harga yang lumayan mahal dibanding mangga jenis lainnya.

Olahan Mangga Manalagi

Apa saja yang bisa Anda buat dengan berbahan dasar mangga manalagi?

  1. Sambal mangga

Sambal mangga biasa disajikan dengan ayam bakar. Untuk membuatnya pun terbilang sangat mudah. Jenis mangga yang cocok dibuat sambal mangga adalah mangga manalagi. Mangga ini meski masih muda tidak terlalu berasa masam sehingga sangat cocok dijadikan pendamping ayam bakar.

Caranya yakni dengan menyerut mangga manalagi yang belum terlalu matang, atau orang Jawa menyebutnya dengan kata gemading, dan mencampurkannya dengan bahan pembuat sambal terasi seperti cabe, bawang merah dan putih, terasi, dan garam.

Setelah sambal terasi telah dibuat, serutan daging mangga tersebut dicampurkan. Kesegaran sambal mangga akan membuat kenikmatan lebih saat menyantap ayam bakar didampingi oleh nasi hangat.

  1. Rujak mangga

Mangga manalagi yang belum terlalu matang akan mengeluarkan air saat dicampur dengan bahan lainnya. Sehingga mangga ini cocok untuk dibuat rujak mangga. Caranya dengan mengiris mangga ini sesuai selera.

Kemudian campurkan bahan pembuat sambal rujak seperti gula jawa, garam, cabe rawit, lalu ulek bahan-bahan tersebut hingga menyatu. Setelah sambal rujak telah siap, campurkan irisan mangga manalagi dan aduk rata. Biarkan sesaat sebelum menyantapnya. Air mangga manalagi akan keluar. Akan lebih nikmat jika rujak ini dimasukkan kedalam kulkas terlebih dahulu supaya lebih segar menyeruput airnya.

Mangga manalagi memang layak untuk dijadikan favorit karena mangga ini memiliki cita rasa yang nikmat di lidah. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *