Manfaat Ikan Manyung yang Belum Banyak Diketahui

Pernahkah anda mendengar nama ikan manyung? Dimana jenis ikan ini sebetulnya sudah sering anda konsumsi tetapi mungkin anda belum tahu namanya. Perlu anda ketahui bahwa manyung sering dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan ikan asin jambal roti. Tentu saja rasa ikan asin jambal roti sangat nikmat bila sudah diolah dan dicampur dengan bahan lainnya.

Meskipun sering dijadikan sebagai bahan ikan asin, tetapi manyung merupakan sumber protein hewani yang sangat bagus dikonsumsi oleh pengidap kolesterol. Sebab manyung memiliki kandungan lemak baik atau HDL yang tinggi dibandingkan lemak jahat atau LDL. Secara lebih jelasnya berikut akan dijelaskan manfaat manyung yang belum banyak diketahui.

  1. Mencegah Penyakit Stroke
    Penyakit stroke muncul akibat adanya gumpalan pada arteri otak. Tanpa adanya pasokan oksigen yang cukup maka otak tidak dapat berfungsi dengan baik. Bila aliran oksigen tersebut rusak maka bisa menimbulkan kerusakan otak, hilangnya persepsi sensorik, kelumpuhan bahkan hingga kematian. Untuk itulah sebaiknya konsumsi manyung secara rutin sebagai upaya mencegah stroke.
  2. Mengatasi Kekurangan Gizi
    Manyung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi sehingga menjadikan ikan ini bagus dikonsumsi untuk mengatasi masalah kekurangan gizi. Manyung mengandung minyak yang kaya omeg 3 yang memiliki lemak baik namun rendah kolesterol. Tentu saja dengan mengkonsumsi manyung dalam jumlah banyak maka tetap aman bagi kesehatan.
  3. Mengobati Radang Kulit
    Masalah radang kulit biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menimbulkan rasa gatal dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengobati radang kulit maka anda bisa melakukan pengobatan medis dan ditunjang dengan konsumsi manyung.
  4. Meningkatkan Nafsu Makan
    Manyung biasanya diolah menjadi ikan asin jambal roti yang memiliki tekstur rapuh seperti roti setelah digoreng. Selain itu manyung juga bisa diolah menjadi abon, dimasak gulai dan pepes. Tentu saja aneka olahan manyung tersebut dapat meningkatkan nasfu makan anda.
  5. Meningkatkan Kadar Trombosit
    Manyung bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah sehingga dapat membantu proses pembekuan darah dan mencegah terjadinya pendarahan yang berlebihan.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat ikan manyung yang bisa menambah wawasan anda. Berbagai manfaat manyung bagi kesehatan membuat anda tak perlu khawatir untuk mengkonsumsi ikan ini secara rutin bersama keluarga anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *