Langkah-langka Menulis Artikel yang Baik dan Berkualitas

Menulis artikel adalah sesuatu yang menyenangkan, selain mengasah kemampuan ilmu pengetahuan juga memperkaya bahasa. Pasalnya dengan menulis artikel akan banyak bahasa yang digunakan dan sering kali bahasa tersebut termasuk baru Anda gunakan. Jika Anda seorang pemula maka ada beberapa yang harus dipahami.

Untuk menulis artikel yang baik dan berkualitas, tentu Anda harus mengetahui langkah-langkah menulis artikel terlebih dahulu. Ketika langkah-langkah menulis sudah Anda pelajari dan pahami, maka kualitas artikel Anda akan semakin berbobot. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda pahami, sebagai berikut.

Menentukan tema yang aktual

Tema inilah menjadi tumpuan penting untuk fokus pembahasan setiap karya tulis seperti artikel ini. Tema yang aktual artinya tema tersebut didasarka pada sumber yang jelas dan terkini. Dengan begitu, informasi yang disampaikan pada artikel ini tersampaikan dengan baik dan proporsional.

Tema yang aktual akan menjadikan artikel ini lebih berbobot dan berkualitas tinggi. Dengan menentukan tema, Anda akan lebih fokus di setiap paragraf yang Anda cantumkan.

Tentukan Tujuan Artikel

Setelah Anda menentukan tema, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan artikel atau penelitian. Tujuan yang ada bisanya bersifat tersirat, sehingga lebih mendalam. Oleh karena itu, tujuan ini sering menjadi pertimbangan oleh para jasa penulis artikel agar beda dengan yang lainnya.

Tentukan Jenis Artikel yang akan di Buat.

Ada beberapa jenis artikel yang harus Anda tahu, diantaranya adalah artikel narasi, artikel deskripsi, eksposisi, argumentasi, ilmiah, persuasi dan artikel SEO. Setelah Anda memutuskan jenis artikel mana yang akan dibuat, maka Anda akan lebih fokus seperti apa penyajiannya. Dengan begitu akan menjadi beda dengan lainnya.

Melakukan Riset

Setelah menentukan jenis artikel yang akan dibuat, maka Anda harus mencari sumber yang sesuai dengan apa yang ingin Anda bahas. Riset ini berupa bukti yang kuat agar artikel yang Anda buat memiliki dasar yang kuat. Sehingga informasi yang disampaikan tidak hanya berasal dari pendapat diri sendiri atau tidak dari sumber asli.

Buatlah Kerangka Artikel

Kerangka artikel ini dibuat agar apa yang disampaikan atau ditulis nanti sistematis atau urut. Jumlah kata yang seimbang antara pendahuluan, isi dan juga penutup itu akan lebih menarik, sehingga isinya akan tersampaikan. Kerangka ini juga dibuat agar pembahasanya lebih mudah dan semuanya tersampaikan dengan begitu jelas.

Tentukan Judul

Setiap pembaca, yang pertama kali mereka baca adalah judulnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, judul yang menarik akan semakin membuat penasaran pembaca untuk membaca isi dari artikel. Judul dalam artikel juga harus dibuat sesederhana mungkin, sehingga tidak membuat bosen pembaca.

Buatlah Paragraf Utama dengan Menarik

Selain judul, pembaca jugaa akan menilai artikel ini enak dibaca atau tidak dari paragraf pertama. Selain mengandung ide pokok yang menjadi dasar pembahasan, paragraf pertama merupakan kesan pertama pembaca. Oleh karena itu, buatlah kalimat yang jelas tapi tetap luwes untuk dibaca, sehingga akan lebih menarik.

Pembahasan

Pembahasannyapun harus disesuaikan dengan tema atu topik. Jika tidak sesuai maka pembaca akan merasakan kekecewaan terhadap artikel yang Anda buat. Bukannya memberikan jawaban atas kesulitan yang dialami pembaca, justru membuat tambah bingung.

Penggunaan bahasa bisa disesuaikan dengan jenis artikel yang dibuat. Namun tetap memperhaatikan gaya penulisan yang singkat, tidak-bertele-tele dan jelas. Sehingga akan lebih enak untuk pembaca memahami isi artikel.

Penutup

Penutup dalam artikel berisi kesimpulan dari semua penjelasan yang ada didalam artikel. Dengan ditarik kesimpulan, maka akan semakin jelas isi yang disampaikan pada bagian pembahasan.

Lakukan Editing pada Artikel

Setelah selesai menulis, alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan editing pada Artikel tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari dari kesalahan penulisan, ejaan atau penggunaan kalimat yang tidak tepat. Sehingga akan lebih berkualitas. Jika tanpa tahap penyuntingan maka kesalahan pada artikel akan semakin jelas.

Itulah langkah-langkah menulis artikel yang baik dan berkualitas. Semakin tinggi kualitas artikel yang Anda buat maka akan semakin banyak minat pembaca terhadap artikel tersebut. Setiap langkah dalam pembuatan artikel akan sangat berperan penting untuk hasil yang dicapainya nanti.

Oleh karena itu penting mengetahui langkah-langkah yang ditempuh guna menjaga tingkat kualitas karya tulis Anda. Harapan menulis artikel tentunya yaitu memberikan informasi yang penting tentang topik yang saat ini sedang diperbincangkan. Oleh karena itu banyak jasa penulis artikel yang terus mengembangkan usahanya ini.

Walaupun sebagai peluang bisnis, penulisan artikel harus tepat dan terpercaya, dengan begitu tidak akan menimbulkan kekecewaan yang berarti oleh para pembaca. Profesional dan teliti menjadi syarat penting untik bisa menjadi penulis artikel yang berkualitas serta dapat dipercaya, sehingga karya-karyanya banyak dinanti.