Ketan Durian Mantap dan Nikmat

Ketan durian sebenarnya merupakan jajanan Indonesia yang telah ada sejak dahulu dan jarang diketahui oleh generasi muda. Namun, kini ketan durian kembali dikenal dan semakin banyak resep ketan durian yang dapat ditemukan di internet. Cara membuat ketan durian cukup mudah karena jajanan ini hanya memiliki dua komponen yaitu ketan dan fla durian. Caranya sebagai berikut:

  1. Ketan

Cara membuat ketan untuk ketan durian dapat dilakukan dengan menyiapkan setengah kilogram beras ketan kemudian rendam dengan air kurang lebih selama 2 jam agar menjadi kenyal. Beras ketan yang telah direndam kemudian dicuci lalu dikukus bersama daun pandan kurang lebih selama 25 menit hingga setengah matang. Tandanya adalah tekstur ketan yang agak lengket.

Masak setengah liter santan yang dicampur dengan gula pasir dan garam dengan api sedang hingga mendidih. Setelah santan mendidih, campurkan beras ketan yang telah dikukus bersama santan tersebut untuk dimasak bersama. Angkat ketan setelah santannya menyusut  kemudian dinginkan. Kukus ketan hingga matang dengan api sedang kurang lebih selama 25 menit.

  1. Fla durian

Fla durian dibuat dengan mencampurkan berbagai bahan seperti santan, daging buah durian, gula pasir, susu kental manis, vanili dan garam. Caranya pembuatannya sangat mudah. Pertama, siapkan 300 gram daging buah durian yang sudah dihaluskan, setengah liter santan kelapa, susu kental manis, vanili, gula pasir, tepung maizena dan sedikit garam.

Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah kecuali tepung maizena kemudian dimasak bersama dengan api sedang. Masak adonan fla tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan 4 sendok makan tepung maizena yang sebelumnya telah dilarutkan dalam 3 sendok makan air biasa. Penggunaan tepung maizena akan membuat adonan fla mengental.

Aduk adonan fla tersebut hingga benar-benar matang sebelum diangkat dan didinginkan. Setelah ketan dan fla durian matang, Anda bisa membungkus keduanya menggunakan takir daun pisang untuk dikukus kembali atau dimasukkan ke dalam kulkas. Ketan durian yang lumer pun siap disajikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *