Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar atau Gendar merupakan cemilan yang terbuat dari adonan nasi yang dihaluskan dengan ditambah bumbu rempah pilihan. Dengan begitu, nasi sisa yang masih bagus tidak sayang dibuang begitu saja. Justru dapat dijadikan kerupuk yang gurih, renyah serta enak. Serta menjadi teman atau lauk yang komplit.

Proses pembuatan

Proses pembuatan kerupuk ini juga sangat mudah dan cocok untuk megisi kesibukan ibu rumah tangga. Selain dapat dikonsumsi sendiri juga dapat dijual, dengan begitu dapat menghasilkan tambahan uang belanja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan bahan-bahan sebagai tambahan rasa untuk kerupuk dari bahan dapur seperti biasanya, dapat juga ditambah dengan Bleng.
  2. Masukan air secukupnya agar bahan tercampur rata.
  3. Campurkan bumbu dengan nasi, kemudian uleni hinggat tercampur rata.
  4. Setelah itu, kukus adonan yang tadi hingga tanak dan diamkan beberapa menit
  5. Aduk adonan yang sudah matang, kemudian angkat selagi masih dalam keadaan panas.
  6. Masukan adonan tersebut ke dalam plastik yang sudah dibersihkan dengan ukuran satu sendok makan.
  7. Ratakan adonan dalam plastik dan tekan perlahan menggunakan roller roti atau yang sejenisnya hingga adonan menipis. Semakin tipis maka kerupuk akan semakin renyah.
  8. Setelah itu, jemur adonan di bawah sinar matahari. Akan tetapi sangat tidak menguntungkan jika musim hujan. Anda bisa memasukannya ke dalam oven.
  9. Setelah kering, angkat kerupuk dan sudah bisa dijual dengan bahan mentah. Untuk siap santapnya bisa digoreng dengan menggunakan minyak yang panas agar tidak keras atau bantat.

Kerupuk gandar ini bisa bertahan dengan kurun waktu yang lama. Untuk memperoleh hasil yang maksimal maka kerupuk harus dalam keadaan kering. Bentuk kerupuk yang satu ini dapat dibuat bervariatif tergantung dengan selera. Umumnya berbentuk bulatan tipis atau persegi panjang yang tipis.

Alangkah baiknya jika kerupuk ini tidak ditambah dengan bahan pengawet, karena berbahaya. Karena terbuat dari bahan dasar nasi, membuat kandungan karbohidrat dalam kerupuk tinggi. Termasuk produk olahan rumahan, membuat kerupuk gendar ini mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *