Tahukah Kamu Di Indonesia ada Kebun Kurma Pasuruhan

Buah kurma adalah buah yang memiliki rasa manis dan lezat. Buah kurma memiliki tekstur daging yang tebal dan lembut ketika dimakan. Kurma memiliki pohon yang menjulang tinggi berukuran sekitar 15 meter sampai dengan 25 meter dan banyak tumbuh di daerah timur tengah.

Buah kurma menurut beberapa jurnal mengatakan bahwa asal usul pohon kurma ini berasal dari Teluk Persia. Kemudian di budidayakan semenjak zaman kuno pada zaman mesopotamina dan mesir pra sejarah sekitar tahun 4000 SM. Setelah bertahun-tahun silam kurma mulai di sebarluaskan oleh bangsa Arab ke berbagai negara di seluruh dunia.

Memetik Buah Kurma

pexels.com

Mungkin kita memiliki keinginan untuk dapat melihat pohon kurma. Selama ini kita hanya bisa membaca dari berbagai artikel bahwa bentuk pohon kurma terdapat beberapa daun yang menyirip serta daun tersebut berukuran besar sekitar 2 meter sampai dengan 3 meter.

Atau kita hanya bisa melihat melalui gambar-gambar yang ada di internet dan video di youtube. Namun, sekarang kamu bisa melihat dan bahkan memetik buah kurma secara langsung.

Tak perlu terbang jauh-jauh ke Arab Saudi atau negeri timur tengah lain untuk dapat melihat pohon kurma dan memetik buah kurma secara langsung dari pohon kurma. Sekarang kamu bisa melakukan semua itu di Indonesia. Iya. Di negara kita sendiri.

Kebun Kurma Pasuruan

Tempat atau destinasi wisata yang menyuguhkan perkebunan kurma dan memfasilitas pengunjung untuk dapat memetik buah kurma secara langsung dari pohon kurma adalah destinasi Kebun Kurma Pasuruan.

Kebun Kurma Pasuruan ini bisa ditemukan di Desa Sukorejo, tepatnya berada di Kecamatan Sukorejo, termasuk di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Di sana kamu tak hanya dapat melihat pohon kurma saja, namun bisa memetik buah kurma secara langsung dari pohon nya.

Kebun kurma pasuruan memiliki luas sekitar 3,7 hektar dan sepanjang perkebunan tersebut di tanam dengan rapi dan berderet sebanyak 150 pohon kurma. Dari 3,7 hektar luas perkebunan ini masih tersisa banyak sekali lahan yang kosong.

Pihak pengelola Perkebunan Kurma Pasuruan ini memiliki rencana untuk menanam lebih banyak lagi pohon kurma dari berbagai macam jenis dengan jumlah perkiraan pohon kurma yang akan mereka tanam adalah sebanyak 400 pohon kurma.

Aktivitas Di Kebun Kurma Pasuruan

pexels.com

Destinasi wisata Kebun Kurma Pasuruan ini di resmikan pada tahun 2017 silam. Saat ini masih dalam tahap pembangunan yang lebih serius dengan menambah berbagai macam fasilitas-fasilitas yang akan memadai destinasi wisata kebun kurma Pasuruan.

Namun, meskipun belum selesai tahap pembangunan lebih lanjut, di tempat wisata ini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang tidak bakal kamu jumpai di destinasi wisata lain. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di destinasi wisata kebun kurma Pasuruan. Simak penjelasan dari artikel di bawah ini.

1. Memetik Kurma

Hal yang sudah pasti menjadi daya tarik utama dari destinasi wisata kebun kurma Pasuruan ini adalah disini kamu bisa memetik buah kurma langsung dari pohon nya. Tentu ada sensasi yang luar biasa dan kebanggaan tersendiri bisa melihat pohon kurma yang berbuah lebat dan dapat memetik buah kurma tersebut langsung dari pohon kurma itu.

Jika ada buah kurma yang matang kamu juga bisa langsung makan dari buah kurma yang telah kamu petik tadi.

2. Berselfie

Hal lain yang bisa kamu lakukan tentu saja adalah berselfi atau mengabadikan moment ketika berada di destinasi wisata kebun kurma Pasuruan. Kamu bisa berfoto di dekat pohon kurma atau berfoto dengan pose sedang memetik buah kurma.

Selain itu di dalam kebun kurma Pasuruan terdapat juga pesawat Boeing 73 yang bisa kamu jadikan sebagai tempat berfoto-foto dengan pemandangan hamparan pohon-pohon kurma yang indah.

3. Membeli oleh-oleh

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di destinasi wisata Kebun kurma Pasuruan adalah membeli oleh-oleh. Tentu saja kurang lengkap rasanya bila mengunjungi suatu destinasi wisata tanpa membeli oleh-oleh.

Di destinasi wisata kebun kurma pasuruan banyak warga yang jual kurma dan tentu saja kamu bisa membeli kurma dengan kualitas terbaik disini untuk kamu hadiahkan sebagai buah tangan atau oleh-oleh kepada anggota keluarga di rumah, teman, saudara, pacar dan lain sebagainya.

Tak hanya itu di kebun kurma Pasuruan juga terdapat oleh-oleh lain semisal buah tin, buah zaitun dan lain sebagainya. Kamu bisa memborong oleh-oleh sebanyak-banyaknya ketika berada di destinasi wisata kebun kurma Pasuruan.

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata kebun kurma pasuruan ini sudah cukup ramai di kunjungi oleh banyak wisatawan baik dari dalam kota maupun luar kota Pasuruan. Harga tiket masuk yang di bandrol oleh pihak pengelola wisata kebun kurma Pasuruan adalah hanya sebesar 5 ribu rupiah.

Ada tambahan untuk parkir kendaraan motor dengan besaran 2 ribu rupiah dan untuk kendaraan mobil tarif parkir yang di berlakukan pihan pengelola wisata adalah sebesar 5 ribu rupiah. Biaya tersebut sudah cukup murah untuk dapat kamu nikmati hamparan pohon kurma layaknya berada di Timur Tengah.

Nah itulah sekilas mengenai destinasi wisata kebun kurma Pasuruan. Sekian dan terima kasih.