Tips Sukses Jualan Lewat Tokopedia Bagi Pemula

Siapa yang tidak senang jika bisnis online yang dirintisnya mendapat keuntungan yang menggiurkan sehingga dapat membiayai kehidupan kita sehari-hari tanpa harus bekerja kantoran. Kiat atau tips sukses jualan lewat tokopedia yang akan jelaskan berikut ini semoga membantu kalian untuk meningkatkan keuntungan penjualan di marketplace tokopedia. Terutama bagi para penjual yang baru saja berkecimpung di jual beli online dan memilih berjualan di tokopedia, saya sarankan untuk menggunakan trik di bawah ini.

6 Tips Sukses Jualan Lewat Tokopedia Untuk Pemula

Bulan-bulan awal ketika kita mencoba untuk berjualan tokopedia, secara umum semua marketplace adalah hal yang terberat harus kita lewati. Karena kita tidak memiliki reputasi atau testimoni yang membuat keyakinan dan kepercayaan calon buyer untuk membeli produk kita akan meningkat.

Harapan bagi para penjual yang baru menjual barang di marketplace tentunya ditemukan oleh buyer yang mencari melalui mesin pencari yang disediakan oleh marketplace dan membuka halaman demi halaman hingga menemukan lapak kita.

Tapi itu adalah hanya sebuah harapan yang tidak selamanya terjadi pada seller, banyak juga seller yang sudah berbulan-bulan berjualan namun tidak kunjung mendapat keuntungan yang bisa dibilang lumayan bahkan tidak mendapatkan pembeli sama sekali.

Tidak perlu menggunakan jasa jual followers tokopedia, hanya dengan melakukan tips yang akan diberikan berikut ini dapat meningkatkan omset penjualan tanpa hanya bermodal berharap.

1.      Manfaatkan sosial media

Kalian tentu saja memiliki sosial media bukan?. Di era sekarang siapa yang tidak kenal dengan sosial media. Semua tentu sudah paham betul dengan sosial media, mulai dari facebook, twitter, hingga instagram.

Setidaknya kalian pasti menggunakan 1 dari 3 sosial media yang paling digunakan itu. Tetapi apakah sudah memaksimalkan fungsinya dalam hal berjualan secara online?.

Walaupun menggunakan marketplace besar sekelas tokopedia, kalian tetap perlu membagikan postingan jualan kalian di sosial media. Setidaknya circle pertemanan kalian di sosial media mengerti bahwa kalian memiliki dagangan.

Bagaimana dagangan akan laku jika orang tidak sadar akan eksistensi dagangan kalian. Dari situ akan membuat traffic dagangan kalian meningkat. Traffic yang lumayan membuat akun tokopedia mudah untuk ditemukan oleh calon pembeli melalui mesin pencari.

2.      Gunakan fitur TopAds

Fitus TopAds yang ada pada tokopedia adalah fitur dimana dengan membayar kepada tokopedia maka dagangan kalian akan muncul di spot halaman pencarian paling depan dan ada di bagian hot list.

Untuk kalian yang ingin secara cepat mendapatkan perhatian dari calon pembeli dan rela membayar untuk itu, memilih menggunakan TopAds menjadi pilihan yang tepat.

Jika kalian tidak memiliki modal yang banyak tidak masalah untuk tidak menggunakan fitur satu ini. Tetapi pertumbuhan dagangan kalian tidak secepat penjual yang menggunakan fitur ini. Tidak bisa dipungkiri TopAds sangat berpengaruh bagi penjual.

3.      Coba untuk meminta endorse

Trik ini sebetulnya hampir mirip fungsinya dengan menggunakan fitur TopAds. Tentu secara teknikal semua sangat berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama. Tujuannya adalah membuat produk kita mendapat notice pada skala yang lebih lebar.

Saya yakin sistem satu ini hampir semua orang sudah paham dengan cara kerjanya. Tetapi balik lagi, kita harus berkobran terlebih dahulu untuk mendapatkan keuntungan jika menggunakan cara yang satu ini.

4.      Mencoba lebih spesifik

Penyakit orang yang baru pertama kali mencoba berjualan pada marketplace tentu adalah mencoba berjualan berbagai macam barang dagangan.

Cobalah untuk rapi, konsisten, dan spesifik dalam memilih jenis barang. Kalian akan lebih mudah mendapat pasar jika menjual barang yang saling berkaitan satu sama lainnya. Contohnya kalian mencoba untuk menjadi reseller kaos, kemudian cobalah untuk menarik benang merah jenis barang jualan kalian jika ingin memperbanyak jenis jualan.

Mulailah dengan menambah celana jeans misalnya, atau dengan jaket. Apapun itu selama masih satu benang merah, yaitu produk fashion. Jangan dicampur aduk, berjualan kaos namun berjualan perkakas rumah tangga juga. Cobalah untuk spesifik.

5.      Berikan penawaran menarik

Penawaran seperti diskon, bebas ongkir di tanggal tertentu, atau bundling perlu kalian lakukan terhadap dagangan kalian sesekali. Secara keuntungan mungkin akan menurun jika dilihat dari jangka pendek.

Namun, jika kita melihat jangka panjang. Produk dagangan kita akan mendapatkan notice yang lebih dari calon pembeli sehingga membuat produk kita memiliki traffic yang lumayan. Selain itu juga dapat membangun trust antara kalian dan calon pembeli.

6.      Maksimalkan nama produk

Terkadang sebagian pembeli tidak menggunakan keyword yang sesuai dengan barang yang sebetulnya mereka cari. Entah berbeda secara definisi sesungguhnya atau tidak paham istilah tepatnya.

Maksudnya adalah dengan kemungkinan tersebut yang akan terjadi, kalian sebagai seller harus mensiasatinya. Cobalah untuk mencari persamaan nama dari produk yang anda jual.

Contoh kalian menjual tumbler, maka tulislah: tempat minum, botol, wadah minum. Secara definisi berbeda tetapi itu yang harus dilakukan.

Setelah kalian mencoba melakukan tips sukses jualan lewat tokopedia di atas, selanjutnya adalah bersabar. Karena tidak ada sesuatu yang instant, terus konsisten dan percaya dengan apa yang kita jual. Semua ada pasarnya masing-masing.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *