Geografis dn Administratif Dari Wilayah Aceh Tamiang

Aceh tamiang merupakan kabupaten di provinsi aceh, Indonesia. Kabupaten ini  cukup strategis. Berada di jalur timur sumatra, dari kota medan jaraknya hanya sekitar 250 kilometer. Hal ini membuat akses dan harga-harga barang disana lebih murah dibanding daerah aceh lainya.

Kabupaten aceh tamiang juga relatif aman, terutama ketika pada masa terjadi konflik gerakan aceh merdeka atau GAM berkecamuk di aceh. Kala itu aktivitas perekonomian tetap berjalan meski situasi sedang tidak kondusif.

Geografis dan administratif

Kabupaten Tamiang merupakan hasil dari pemekaran kabupaten Acveh timur. Letaknya di perbatasan sumatra utara-aceh. Selain itu, kabupaten aceh tamiang berbatasan dengan beberapa wilayah lainya. di utara, berbatasan dengan kota langsa, selat malaka dan kabupaten aceh timur. Di timur, berbatasan dengan selat malaka dan kabupaten langkat (sumatra utara).

Sedangkan di sebelah selatan, aceh tamiang berbatasan dengan kabupaten gayo lues, dan kabupaten langkat. Serta berbatasan dengan kabupaten gayo lues dan kabupaten aceh timur di sebelah barat.

Demografi

Kabupaten aceh tamiang merupakan hasil dari pemekaran kabupaten aceh timur. Kabupaten aceh tamiang merupakan kabupaten satu-satunya wilayah aceh yang dimukimi banyak etnis melayu sebanyak 60 %. Di tamiang, juga terdapat suku lain seperti suku jawa sebanyak 20 %, suku aceh (15%) dan suku alas, serta suku gayo.

Ekonomi

Kabupaten tamiang menyimpan potensi ekonomi yang luar biasa, kaya gas dan minyak. Meski tidak sebesar seperti di kabupaten Aceh utara. Selain itu, kabupaten tamiang juga menjadi salah satu sentra perkebunan sawit di aceh.

Kabupaten tamiang yang berlokasi cukup strategis, menawarkan sektor angkutan sebagai salah satu pendapatanya. Teraliri sungai besar yakni sungai kaloy dan sungay tamiang, transportasi air menjadi alternatif utama di kabupaten ini. sumber pendapatan ekonomi lainya yakni sektor perdagangan, industri pengelolaan dan sektor pertanian.

Pariwisata

Potensi lain dari kabupaten aceh tamiang, yakni memiliki bereberapa objek wisata, termasuk air terjun sangka pane, air terjun tujuh tingkat, pantai kupang, goa sarang burung walet dan beberapa destinasi wisata lainya. potensi wisata ini menawarkan destinasi yang bagus, namun memerlukan peningkatan sehingga lebih maksimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *