Ciri-Ciri Belalang

 

 

Belalang merupakan jenis hewan yang termasuk dalam anggota keluarga anthropoda. Hewan ini dapat ditemuan di wilayah daratan manapun, dan terutama pada wilayah yang memiliki lahan yang masih hijau. Namun, terkadang kita juga bisa menemukan belalang di kota besar yang juga memiliki tanaman sebagai media tempat bertumbuh kembang hewan tersebut. Sayangnya, hewan ini dikenalĀ  menjadi musuh besar para petani karena sering memakan tumbuhan pertanian yang menyebabkan tumbuhan tersebut gagal untuk dipanen. Di bawah ini akan diulas lebih lanjut mengenai ciri-ciri yang ada pada belalang, antara lain:

  1. Karakteristik Fisik

Belalang memiliki warna coklat, hijau, dan terkadang hitam. Belalang juga memiliki kaki belakang yang besar dan dapat membantu mereka untuk melompat dalam jarak yang cukup jauh dari rumput ke rumput yang lainnya. Belalang dewasa memiliki dua pasang sayap, untuk sayap depan memiliki bentuk yang agak ramping dan sayap belakang agar besar. Tubuh utama memiliki tiga bagian, yakni kepala, data (thorax), dan perut (abdomen). Serta 3 pasang kaki, sepasang sayap, dan sepasang antena sebagai alat sensor dalam merespon bau dan sentuhan.

  1. Makanan Belalang

Beberapa belalang tergolong menjadi hewan pemakan herbivora. Belalang herbivora sering memakan makanan seperti dedaunan, bunga, batang, dan biji-bijian. Dan spesies belalang lain terkadang memakan makanan yang mereka temukan di tanah seperti potongan dari dedaunan dan bunga yang berserakan hingga serangga yang sudah mati. Uniknya belalang sering memilih makanan yang memiliki banyak kandungan seperti asam amino, vitamin, dan gula.

  1. Reproduksi

Belalang betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari ukuran tubuh belalang jantan. Biasanya setelah belalang jantan dan belalang betina melakukan perkawinan dan akhirnya bertelur maka selanjutnya belalang betina akan menggali lubang pada tanah dan menaruhnya. Ukuran dari telurnya pun memiliki ragam variasi ukuran yang berbeda.

  1. Perilaku

Belalang akan aktif pada siang hari, dan akan mencari makan pada malam hari. Biasanya belalang tidak memiliki sebuah sarang atau pun wilayah tertentu bagi beberapa spesies. Dan bebeerapa spesies soliter hanya berkumpul ketika kawin atau pun berimigrasi. Belalang juga memiliki kemampuan dalam melindungi diri yakni berkamuflase serta bersembunyi di dedaunan atau rerumputan yang sulut ditemukan mangsanya.

Informasi di atas memberikan penjelas penjelasan secara lebih lengkap mengenai seperti apa ciri-ciri belalang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *