Cara Mudah Menanam Cabe Rawit

Bumbu yang hampir selalu ada di setiap masakan Indonesia adalah cabe. Hal itu tidak lepas dari kesukaan orang Indonesia terhadap masakan yang memiliki cita rasa yang pedas.

Maka tidak heran jika harga cabe tiba-tiba melambung naik, tentu hal itu banyak dikeluhkan oleh masyarakat yang menyukai masakan bercita rasa pedas. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis cabe dari mulai cabe merah besar bahkan sampai cabe rawit juga ada.

Salah satu cabe yang menjadi favoirit masyarakat adalah cabe rawit. Bagi yang tertarik ingin membudidayakan ataupun menanam cabe rawit sendiri dirumah. Mungkin informasi dibawah ini bisa bermanfaat.

Menyiapkan Bibit Cabe

Sebelum memulai menanam cane rawit, tentu kalian harus menyiapkan bibit cabe terlebih dahulu yang nantinya akan ditanam. Untuk mendapatkan bibit cabe kalian bisa membelinya di toko tanaman ataupun membuatnya sendiri.

I yang ingin membuatnya sendiri kalian harus memilik cabe yang segar dan bagus yang nantinya kan dijadikan bibit. Kemudian kupas cabe rawit tersebut lalu sisakan bijinya. Setelah itu jemur bijinya dibawah sinar matahari sampai kering. Kemudian bibit cabe siap untuk ditanam.

Menanam Cabe

Setelah menyiapkan cabe, biasanya akan dilakukan penyemaian tersebih dahulu sebelum nantinya bibit cabe siap untuk ditanam dipekarang rumah ataupun dipersawahan.

Pada tahap penyemaian biasanya bibit cabe ditaruh didalam polybag yang sudah diisi dengan pupuk dan tanah. Lalu tunggu sampai kurang lebih 1 minggu baru nanti bisa dipindahkan ke halaman rumah ataupun persawahan.

Saat melakukan penenaman di pekarangan rumah atau persawahan usahakan dilakukan pada waktu pagi hari atau siang hari supaya tanaman cabe rawit tidak stres. Kemudian pada saat melepas polybag usahakan berhati-hati supaya akar tanaman cabe rawit tidak rusak.

Perawatan Tanaman Cabe

Setelah berhasil ditanam, jangan lupa juga untuk memberikan perawatan yang baik kepada tanaman cabe rawit supaya tanaman cabe dapat tumbuh dengan sehat. Jauhkan tanaman cabe dari berbagai macam hama ataupun jamur.

Untuk melakukannya bisa dengan menggunakan pestisida, fungisisda ataupun zat lain yang diperuntukan untuk membasmi atau mencegah tanaman cabe rawit terserang hawa atau jamur.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *