Cara Jualan Online di Facebook Yang Menguntungkan dan Sukses

Facebook saat ini merupakan sosial media yang paling banyak di unduh dan digunakan oleh pengguna di seluruh dunia, hingga saat ini sudah lebih dari satu miliar pengguna aktif di facebook yang ada di seluruh Indonesia. Indonesia juga menjadi salah satu Negara dengan pengguna sosial media facebook terbanyak di dunia.

Tak heran jika facebook saat ini banyak di gunakan sebagai media untuk berbagai macam hal termasuk untuk promosi, iklan dan berjualan secara online karena terbukti efektif dan dapat menjangkau banyak pengguna atau konsumen. Untuk anda yang ingin mencoba untuk jualan online di facebook maka berikut cara jualan online di facebook.

Melalui marketplace facebook

Yang pertama anda bisa berjualan melalui facebook dengan menggunakan fitur marketplace yang tersedia di facebook. Facebook sepertinya tau betul akan kebutuhan penggunanya sehingga banyak menyematkan berbagai fitur terbaru untuk penggunanya termasuk fitur marketplace ini.

Untuk dapat menggunakan marketplace di facebook maka anda harus memiliki akun facebook terlebih dahulu, setelah anda memiliki akun facebook maka selanjutya anda bisa masuk ke menu features yang berada di sebelah kiri beranda halaman facebook anda.

Pilih menu marketplace kemudian pilih jual sesuatu, disana anda akan diberikan fasilitas untuk menjual sesuatu. Anda bisa menjual sesuatu dengan mengupload foto barang atau produk anda terlebih dahulu, selanjutnya anda deskripsikan produk atau barang yang anda jual.

Setelah itu masukan harga pada kolom harga, jika sudah selesai maka klik oke dan submit. Jika sudah maka nanti para calon pembeli akan menghubungi anda melalui chat messenger atau melalui wall anda.

Melalui grup facebook

Saat ini banyak bermunculan grup di facebook yang memiliki tujuan masing masing diantarany grup antar teman, grup sekolah, grup bermain dan grup lainnya. bahkan grup jual belipun saat ini menjadi grup yang cukup ramai dan banyak anggotanya.

Dengan adanya grup jual beli ini maka bisa mempertemukan antara penjual dan pembeli sehingga mempermudah para penjual dan pembeli untuk berinteraksi. Di grup jual beli ini anda dapat memposting barang atau produk yang anda jual untuk kemudian di promosikan kepada para anggota grup.

Cara menjual barang di grup adalah dengan masuk ke grup jual beli kemudian pilih posting sebuah produk kemudian unggah foto produk yang akan anda jual, selanjutnya pilih oke. Jangan lupa untuk menambahkan deskripsi serta informasi harga dan nomor yang bisa di hubungi agar calon pembeli lebih mudah menghubungi anda.

Dengan berjualan melalui grup jual beli ini maka anda tidak memerlukan modal sedikitpun untuk mempromosikan barang maupun produk anda. cukup dengan hanya membuka akun facebook dan memposting barang atau produk yang akan anda jual.

Melalui iklan berbayar

Selain menyediakan fasilitas promosi iklan gratis, facebook juga memberikan fasilitas iklan berbayar. Apa perbedaan antara marketplace face book yang gratis denga iklan yang berbayar? Tentunya sangat berbeda jauh. Untuk iklan yang berbayar kepada facebook maka anda akan di berikan perlakuan yang special dari facebook.

Produk atau barang yang anda jual melalui iklan berbayar facebook akan ditampilakan di halaman-halaman utama beranda, selain itu facebook juga mengatur viewer sesuai dengan barang yang di minati.

Sehingga konsumen atau calon pembeli yang membutuhkan suatu barang atau produk sesuai dengan yang anda jual maka akan di giring oleh facebook untuk melihat iklan anda terlebih dahulu. sehingga kemungkinan konsumen untuk melihat iklan anda akan lebih besar.

Melalui postingan sendiri

Cara yang terakhir adalah dengan melalui postingan anda sendiri, jika melalui postingan anda sendiri maka yang bisa melihat produk yang anda jual hanya teman anda sendiri atau akun yang berteman dengan anda.

Sehingga untuk berjualan melalui postingan sendiri ini sebenarnya kurang efektif karena tidak bisa di lihat oleh banyak orang dan hanya orang atau teman yang berteman saja yang bisa melihat postingan anda.

Jika melalui postingan sendiri maka lebih baik berjualan yang kira-kira banyak di butuhkan oleh semua orang misalnya kebutuhan pokok, makanan, cemilan dan berbagai kebutuhan lainnya. sehingga peluang produk anda untuk laku cukup besar meskipun hanya di pasarkan ke teman-teman anda sendiri atau ke orang yang akun facebooknya berteman dengan anda.

Jangan lupa untuk sering memberikan informasi update harga dan udpdate produk pada setiap postingan anda.

Demikianlah beberapa tips cara berjualan online melalui facebook yang bisa anda coba, karena berjualan lewat facebook terbilang cukup menjanjikan dan dapat menjangkau pengguna facebook di seluruh Indonesia. jangan lupa untuk sesekali memberikan program promo untuk jualan anda misalnya program promo potongan harga, promo cashback, promo beli berapa item gratis berapa item, promo diskon berapa persen dan promo lainnya.

Karena biasanya pembeli akan cenderung memilih suatu barang atau produk yang terdapat promonya dengan alasan lebih murah dan mendapatkan banyak keuntungan. Sehingga tak ada salahnya memberikan promo kepada pembeli terutama terhadap konsumen setia anda anggaplah sebagai reward atas kesetiaan berbelanja di lapak jualan online anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *