Mengenal Beragam Masalah Pada Burung Cendet/Bentet

Dalam memelihara burung, tidak selamanya dapat berjalan mulus. Terkadang ada masalah yang terjadi dalam pemeliharaan. Masalah-masalah inilah yang perlu dicari jalan keluarnya, sehingga Burung Cendet kembali dalam keadaan baik. Namun sebelumnya, penting memahami masalah yang dimaksud. Sudahkah anda mengetahui masalah-masalah yang sering terjadi para Cendet?

Cendet merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak disukai masyarakat. Burung ini dikenal memiliki suara yang lantang dan merdu. Selain karena suaranya, burung ini disukai karena memiliki warna yang indah. Namun, untuk dapat menjaga semua keindahan tersebut, penting terlebih dahulu mengenali beberapa masalah yang mungkin terjadi pada Cendet, melalui informasi dibawah ini.

pickupimage.com

3 Masalah yang Sering Terjadi Pada Burung Cendet

Setidaknya terdapat tiga hal yang kerap menjadi masalah pada Cendet. Beberapa diantaranya, dapat diselesaikan dengan mudah dengan berbagai solusi. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut,

  1. Sering Salto

Mungkin saat melihat perilaku ini, anda akan senang dan terpukau. Namun setelah dipahami, ternyata keadaan ini tidak memberikan nilai positif dalam perlombaan. Penyebab masalah ini adalah karena kebiasaan atau pola perawatan diawal pemeliharaan. Namun untuk mengatasinya, dapat menggunakan obat-obatan yang dapat mengurangi dampaknya.

  1. Mengembangkan Bulunya

Cendet adalah burung yang memiliki bulu yang indah. Namun jika bulu ini sering dikembangkan, maka berarti ada yang salah pada burung. Salah satunya karena burung merasa kurang fit, terkendala dengan suhu dingin ataupun sakit. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat memberikan asupan pakan tambahan untuk burung secara berkala.

  1. Cabut Bulu

Hal lain yang cukup bermasalah pada burung ini adalah kebiasaannya mencabuti bulu. Kebiasaan ini akan membuat burung nampak buruk dari segi penampilannya. Faktor penyebab masalah ini adalah infeksi karena serangga maupun kekurangan mineral. Jika penyebabnya adalah penjamuran, usahakan untuk memandikannya secara berkala hingga masa penyembuhan usai.

Masih terdapat banyak masalah yang dapat terjadi pada Cendet. Tapi masalah ini dapat diatasi dengan obat maupun terapi kedokteran. Jika masih penasaran, anda dapat mencari tahu masalah lain yang mungkin terjadi di pengicau.net.

rgbstock.com

5 Jenis Burung Cendet yang Menjadi Incaran di Pasaran

Terdapat beberapa pilihan Cendet yang disukai di pasaran. Cendet ini memiliki keunggulan masing-masing. Untuk penjelasan lengkap, terkait Cendet yang dimaksud, dapat disimak di sini,

  1. Cendet Madura

Sesuai dengan namanya, burung ini bisa ditemukan dengan mudah di sekitar daerah Madura. Burung ini memiliki peminat yang tinggi, sehingga harganya turut melambung. Untuk membeli Cendet jenis ini anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 250.000/ekor. Harga ini berlaku untuk seekor Cendet yang telah dewasa, untuk anakan tentu akan memiliki harga lebih murah.

  1. Cendet Jawa

Pilihan Cendet lainnya adalah Cender Jawa. Cendet Jawa tidak hanya dimanfaatkan dalam perlombaan karena suaranya yang indah. Namun juga dimaksimalkan karena dapat diadu dengan burung-burung lainnya. Menariknya, harga burung ini tidak terlalu mahal, jadi cocok untuk anda yang baru belajar memelihara burung dan ingin mengembakbiakannya.

  1. Cendet Sutra

Jenis Cendet yang saat ini sedang booming di pasaran adalah Cendet Sutra. Cender Sutra termasuk sebagai jenis yang diperhitungkan di kelasnya. Untuk membawanya pulang, dibutuhkan dana Rp 200.000 atau lebih untuk setiap ekornya. Jika inginkan harga yang lebih murah, disarankan untuk mencari anakan dan merawatnya dari hingga dewasa.

pickupimage.com
  1. Cendet Gacor

Cendet yang telah gacor adalah harapan dari banyak orang setelah memeliharanya cukup lama. Cendet gacor tentu memiliki harga yang berbeda dibandingkan cendet yang belum gacor. Saat akan membelinya, sangat disarankan untuk menyiapkan dana lebih. Terlebih saat anda akan membeli Cendet gacor yang telah memenangi kontes, tentu akan dibutuhkan dana lebih besar.

  1. Cendet Anakan

Banyak jenis Cendet yang telah disebutkan, harganya ketika dewasa tentu lebih mahal. Namun saat membelinya secara anakan, dana yang dibutuhkan tidak akan terlalu besar. Di mana, setiap anakan Cendet dijual dengan harga Rp 80.000/ekor. Setelah pembelian, usahakan untuk merawatnya dengan maksimal, agar menjadi burung kicau yang elegan.

  1. Cendet Hitam Putih

Jenis Cendet yang satu ini adalah Cendet yang dapat ditemui di Gurun Sahara. Jenis ini dikenal sebagai burung yang lincah dan handal untuk menerkam mangsa. Makanan burung ini cukup beragam, seperti serangga besar, burung kecil hingga Kadal. Ciri dari burung ini adalah ekornya yang panjang dengan warna hitam, sementara paruhnya lancip untuk menerkam mangsa.

  1. Cendet Kepala Merah

Satu lagi jenis Cendet yang disukai oleh masyarakat adalah Cendet Kepala Merah. Jenis ini memiliki persebaran hingga Timur Tengah dan Afrika. Burung ini memiliki ciri khas pada bagian kepalanya yakni jambul berwarna merah menyala. Selain itu, pada bagian sayapnya terdapat warna coklat dengan kombinasi merah. Karenanya cukup khas dan burung ini mudah ditemui.

Tertarik untuk memiliki salah satunya? Jika iya, siapkan berbagai pengetahuan perawatan burung Cendet. Caranya dengan membaca pengicau.net dan langsung mempratikkannya pada Cendet. Jangan lupa pemeliharaan kesehatan dengan pengecekan berkala itu penting. Jadi, jangan malas untuk meluangkan waktu ke dokter dan memeriksakan kesehatan burung.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *