6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Bisnis Waralaba

Kaum Milineal tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah francise atau usaha waralaba. Bisnis ini memang cukup menjanjikan dan lebih praktis untuk dilakukan. Hal ini karena konsep bisnis telah ada dan terkesan minim risiko. Para pemula juga banyak menjadikan usaha ini pembelajaran sebelum memulai usahanya sendiri. Jika kamu ingin terjun dalam bisnis ini dan masih ragu sebaiknya simak hal yang harus diketahui dalam bisnis waralaba berikut.

Fakta Menarik Tentang Usaha Waralaba Yang Harus Kamu Tahu

Memiliki Bisnis Sendiri Tapi Dipandu Oleh Ahlinya

Selain kamu tidak perlu untuk membuat konsep bisnisnya, kamu juga sudah bisa mendirikan usaha milikmu sendiri. Kamu memiliki wewenang untuk mengatur bisnis dan mengambil keputusan selama perjalanan bisnis ini. Namun kamu bisa mendapatkan panduan dari perusahaan bisnis yang telah ahli. Tapi, ada juga perusahaan yang telah mengatur semuanya termasuk langkah langkah besar yang harus kamu lakukan untuk keberhasilan usaha waralaba ini.

pxhere.com

Merk Telah Di Akui

Salah satu fakta menarik yang termasuk kelebihan dari usaha waralaba adalah merk telah diakui. Dibandingkan dengan membuka bisnis sendiri yang membutuhkan waktu panjang karena harus mengenalkan produk, usaha waralaba memang lebih menguntungkan. Kamu tidak perlu mengenalkan produk yang kamu jual karena sebelumnya merk telah dikenal dan telah diakui. Sehingga kamu hanya tinggal menjual dan mendapatkan hasil dari bisnis waralaba ini.

Jika kamu membuka usaha sendiri tentu kamu juga harus mengurus beberapa hal yang ribet. Hal tersebut meliputi hak paten, trademark dan juga desain dari produk yang kamu miliki. Sementara untuk usaha waralaba, semua itu telah di urus oleh perusahaan yang kamu beli. Sehingga lebih praktis dan menghemat waktu yang kamu miliki. Kamu hanya tinggal mengelola dan serius menjalaninya.

Resiko Terbilang Rendah

Tidak hanya praktis, bisnis franchise juga memiliki resiko yang peluang kegagalan yang lebih rendah dibandingkan bisnis yang lainnya. Memang setiap usaha pasti memiliki resiko kerugian atau kegagalan, namun bisnis ini terbilang lebih aman dibandingkan membuka bisnis kamu sendiri. Hal ini karena produk yang dijual telah diakui dan juga banyak dikenal. Masyarakat telah akrab dan juga mengenal sehingga daya belinya akan stabil.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan dukungan dari perusahaan sebelum atau setelah kamu meluncurkan bisnis franchiese sendiri. Beberapa bantuan seperti akutansi, pelatihan karyawan, hingga SOP telah kamu dapatkan. Semua bantuan yang kamu dapatkan akan mampu untuk meminimalisir kesalahan, yang mungkin terjadi selama kamu menjalankan bisnis waralaba ini. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan.

pxhere.com

Harus Memilih Bisnis Yang Cocok

Sebelum memulai usaha franchise kamu juga harus mengetahui beberapa hal yang harus disiapkan. Salah satunya adalah memilih bisnis yang cocok denganmu karena nantinya kamu bisa bekerja dengan passion. Meskipun memiliki resiko yang rendah namun jika kamu menjalankannya dengan keadaan yang tidak semangat, resiko bisa saja mendatangi. Sehingga penting untuk menpertimbangkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Kemampuan ini nantinya akan berguna untuk usaha yang kamu jalani secara maksimal. Selain kemampuan, mendirikan bisnis ini juga harus disokong dengan modal yang cukup. Dengan kemampuan dan modal yang kamu miliki kamu bisa dengan mudah menentukan franchise seperti apa yang akan kamu geluti. Pastikan untuk tidak menjalankan bisnis farnchise yang tidak sesuai dengan kemampuan atau minat karena akan sulit untuk menjalankannya.

Ikuti Pelatihan dan Proses Standarisasi

Apabila kamu telah mengetahui bisnis waralaba apa yang akan kamu geluti. Kamu bisa langsung mengikuti proses pelatihan serta standarisasi yang telah diatur oleh perusahaan franchise. Karena sebelum meloloskan kamu untuk menjadi mitra, pihak franchisor akan memberikan sosialisasi hingga kamu benar benar mengerti. Sehingga ketika kamu menjalankan bisnis tersebut, kamu sudah memahami semua sosialisasi.

Standarisasi nantinya dilakukan untuk mengetahui apakah kamu layak untuk menjadi mitra atau belum. Jika kamu telah lolos standarisasi maka kamu bisa membahas perjanjian kerjasama. Tentu saja kamu harus mengetahui hal ini jika ingin terjun ke dalam usaha franchise. Saat kamu melakukan penandatanganan kerjasama, pastikan kamu telah mengerti semua kebijakan dan juga hal yang harus dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman.

pxhere.com

Kesalahan Yang Biasanya Dilakukan

Kamu terjun ke dalam bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan bukan kegagalan. Untuk itu kamu harus mengetahui beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan dalam bisnis waralaba. Hal ini penting untuk diketahui agar kamu tidak melakukan kesalahan itu yang berujung pada gagalnya bisnis. Kesalahan pertama yang banyak dilakukan adalah kurangnya modal dan kurangnya informasi.

Saat kamu memutuskan untuk terjun ke dalam dunia bisnis ini, pastikan kamu telah mempelajari dengan detail yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Sebaiknya jangan asal mencoba tanpa mengetahui prospek ke depannya nanti. Kesiapan mental juga harus kamu miliki karena semua bisa terjadi d luar ekspektasi yang kamu miliki. Informasi yang kamu peroleh nantinya akan berguna untuk menghadapi hal hal yang diluar ekspektasi tersebut.

Tidak hanya informasi, modal bisnis dalam usaha ini juga sangat penting untuk kamu pikirkan. Tahun awal bisa menjadi tahun yang paling menguntungkan atau tahun paling berat untuk kamu. Sehingga sulit untuk menebak hasil yang akan kamu peroleh, untuk itu kamu butuh menyiapkan modal yang cukup besar hingga usaha berjalan stabil. Selain itu kamu juga harus pantai dalam mengatur keuangan pada awal awal tahun berjalan.

Kesalahan yang juga seringkali dilakukan berikutnya adalah terpaku pada bisnis yang sedang tren. Memang bisnis yang sedang hits akan terlihat mengiurkan dan terlihat menguntungkan. Namun tanpa disadari memiliki resiko yang lebih tinggi karena tren bisa hilang dan berganti dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Belum lagi ketika kamu memilih bisnis waralaba ini pesaing yang kamu hadapi akan semakin banyak.

Untuk membuka usaha franchise ini kamu juga tidak boleh merasa tahu segalanya.Karena hal ini akan membuat kamu merasa paling tahu, dan tidak bisa menerima pendapat orang lain meskipun telah memiliki pengalaman. Kelebihan yang dimiliki oleh usaha waralaba tidak akan kamu dapatkan apabila kamu tidak bisa mengelolanya dengan benar. Butuh kerja keras dan komitmen untuk membuat usaha ini sukses.