Berikut 3 Faktor yang Mempengaruhi Tekstur Tanah Datar

Tahukah Anda ada beberapa faktor yang mempengaruhi tekstur tanah di wilayah satu dengan wilayah lainnya berbeda. Tentu kita sudah tahu bahwa di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis tanah yang mana masing-masing memiliki tekstur yang berbeda-beda. Nah, berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi tekstur tanah datar yang ada di Indonesia, yaitu:

Kondisi Iklim

Iklim merupakan kondisi cuaca yang terjadi dalam sebuah wilayah baik yang berjangka panjang maupun pendek. Seperti yang diketahui, di Indonesia terdapat dua musim yakni musim kemarau dan penghujan.

Perlu diketahui, ternyata curah hujan juga memberikan pengaruh terhadap tekstur tanah. Semakin meningkat temperatur sebuah wilayah maka pembentukan tanah liat semakin tinggi.

Topografi

Faktor lainnya selain iklim yaitu topografi yang ternyata juga akan mempengaruhi jenis tanah yang terbentuk dalam sebuah wilayah. Misalnya saja pada daerah datar atau rendah akan menerima kelebihan air lebih banyak untuk proses genesis tanah.

Waktu

Seperti yang diketahui, tanah merupakan sebuah benda alam yang terus menerus mengalami perubahan. Sehingga apabila terjadi pelapukan dan pencucian yang terus menerus tanah cenderung akan semakin tua dan kurus.

Demikian beberapa faktor yang mempengaruhi tekstur tanah datar yang perlu kita ketahui. Dari pembahasan tersebut, dapat diketahui alasan mengapa tanah di setiap wilayah mengalami perbedaan. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *