Ayam Kecap Masakan Sederhana yang Menggugah Selera

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk membuat masakan yang enak dan juga lezat. Selain sup dan kari, ayam juga bias diolah menjadi jenis masakan lain yang membuat banyak orang jatuh cinta. Salah satu jenis masakan sederhana namun menggugah selera adalah ayam kecap. Selain mudah untuk dimasak, rasanya yang enak juga menjadi salah satu alasan mengapa ayam kecep begitu di gemari oleh semua keluarga di Indonesia. Pasalnya masakan yang satu ini sangat mudah dimasak.

Ayam kecap sendiri merupakan salah satu jenis masakan ayam yang terkenal di Asia Tenggara Maritim. Masakan yang satu ini dibumbui atau disiram dengan menggunakan kecap manis. Sehingga namanya disebut dengan ayam kecap. Umumnya ayam kecap ini ditemukan di Indonesia dan juga Malaysia. Kedua Negara tersebut memiliki hidangan ayam kecap yang khas dan wajib untuk dicoba. Masakan yang satu ini biasanya dihidangkan sebagai hidangan utama yang disantap bersama nasi hangat. Sehingga rasanya akan semakin nikmat.

Di Indonesia, ayam kecap sangat terkenal. Hal tersebut dikarenakan masakan yang satu ini sangat mudah untuk dimasak sehingga banyak orang yang mengolahnya. Selain itu ayam kecap juga biasa dijadikan sebagai teman makan siang yang menggugah selera. Ada banyak orang yang memilih ayam kecap sebagai menu favorit mereka untuk makan siang. Tak heran jika pamor yang dimiliki oleh ayam kecap ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia secara umum.

Hampir semua ibu menjadikan resep masakan yang satu ini sebagai salah satu masakan andalannya. Hal tersebut dikarenakan anak-anak pasti akan menyukai ayam kecap. Cara membuatnya yang mudah dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang mahal pun membuat banyak ibu sering menyajikan masakan ini di meja makan. Tak heran rasanya jika ayam kecap selalu menjadi hidangan wajib bagi keluarga di Indonesia. Mudah dan lezat itulah ciri khas yang dimiliki oleh resep masakan yang satu ini.

pexels.com

Cara Membuat Ayam Kecap

Untuk membuat resep ayam kecap yang nikmat pertama-tema siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melumuri daging ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan satu sendok teh garam hingga merata, lalu diamkan 15 menit agar ayam tidak bau amis. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam hingga matang. Jika ayam sudah matang maka tiriskan ayam.

Hal kedua yang harus dilakukan adalah menumis bumbu yang dibutuhkan seperti bawang merah, bawang putih, bawang Bombay dan juga jahe. Tumis hingga mengeluarkan bau yang harus dan warnanya berubah menjadi kecoklatan. Kemudian masukan campurkan kecap manis, saus tomat, kecap asin, merica bubuk, serta gula pasir pada tumisan bumbu tadi. Tambahkan air dan biarkan hingga mendidih.

Langkah terakhir adalah memasukkan semua daging ayam yang telah di goring tadi ke dalam bumbu kecap yang sudah mendidih. Tumis ayam hingga bumbu kecap menyerap dan secara perlahan akan terjadi proses karamelisasi. Jika air sudah meresap dengan baik maka ayam kecap siap di sajikan kepada seluruh anggota keluarga. Mudah bukan? Meskipun membuat ayam kecap ini terlihat mudah dan sederhana, namun dalam membuatnya ada beberapa hal lagi yang harus diperhatikan agar masakkan menjadi lebih enak.

pexels.com

Yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Ayam Kecap

Dalam membuat ayam kecap yang enak dan menggugah selera, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah jenis kecap yang digunakan. Pasalnya setiap merek kecap pasti memiliki karakteristik rasa yang berbeda-beda. Ada kecap yang terasa lebih asin da nada juga yang rasanya lebih dominan manis. Bahkan ada juga jenis kecap manis yang memiliki aroma roasted ketika dimasak. Sehingga sebelum memasak sesuaikan terlebih dahulu jenis kecap yang akan digunakan. Gunakan kecap yang sesuai dengan selera agar rasanya jauh lebih nikmat.

Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah ketika menggoreng ayam. Pastikan menggunakan minyak yang benar-benar panas. Kemudian goring ayam dengan api yang sedang hingga ayam terlihat matang dan warnanya berubah menjadi keemasan. Dalam menggoreng ayam untuk membuat resep masakan yang satu ini, hindari menggoreng ayam yang terlalu kering. Hal tersebut dikarenakan ayam yang digoreng terlalu kering akan membuat dagung menjadi alot atau keras setelah diberikan bumbu kecap. Jika daging ayam yang digunakan terlalu keras akan mengurangi cita rasa dari resep masakan ini.

Selain itu, sebagian orang juga lebih suka menggunakan jahe sebagai penambah aroma agar ayam kecap terasa lebih nikmat. Ada bahan-bahan lain yang bias ditambahkan dalam membuat ayam kecap terasa lebih nikmat. Bahan tambahan lainnya yang biasa digunakan adalah cengkeh, kayu manis, kapulaga, serta bunga lawang. Namun langkah ini bias dilewati jika tidak sesuai dengan selera yang dimiliki. Berbagai informasi menarik seputar ayam kecap bias diakses melalui sarahjanebedwell.com.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat ayam kecap yang enak dan juga lezat. Ayam kecap bisa disajikan untuk makan siang atau makan malam. Selain mudah untuk dibuat, ayam kecap juga bisa dijadikan sebagai rekomendasi masakan sederhana yang menggugah selera karena rasanya yang manis dan gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *