Inilah 7 Unsur Kebudayaan Yang Wajib Kita Ketahui

Budaya secara sederhana bisa di artikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Budaya berbeda dengan tradisi. Perbedaan antara keduanya adalah budaya bisa saja mengalami perkembangan atau perubahan seiring dengan pemikiran dan relevansi terhadap manusia itu sendiri. Sementara itu tradisi bersifat statis, yang artinya dari zaman dahulu hingga sekarang selalu sama.

Berbicara mengenai budaya, maka tak bisa terlepas dari unsur-unsur yang ada di dalamnya. Setidaknya terdapat 7 unsur dari budaya secara universal. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail dan lengkap mengenai 7 unsur dari budaya. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai 7 unsur dari budaya yang kami kutip dari Hidupsimpel.com di bawah ini.

7 Unsur Kebudayaan

Berikut ini akan kami jelaskan satu per satu mengenai 7 unsur yang melekat dari sebuah kebudayaan secara umum atau universal. Apa saja unsur-unsur kebudayaan tersebut? Simak ulasan 7 unsur dalam kebudayaan secara umum atau universal.

pxhere.com

1. Bahasa

Unsur pertama dalam sebuah kebudayaan adalah bahasa. Karena, tanpa adanya bahasa manusia tidak mungkin bisa berinteraksi dengan manusia yang lain. Bahasa menjadi alat perantara yang paling utama untuk meneruskan budaya dari satu orang ke orang yang lain.

Bisa di kelompokan sebagai bahasa adalah coretan-coretan di dinding pada masa era manusia purba. Juga beberapa alat komunikasi lain digunakan sebagai bahasa pada masanya. Sebut saja kentongan, api, asap dan lain sebagainya. Semua itu menjadi unsur pertama dari terciptanya suatu budaya.

Bahasa sendiri bisa di kelompokan menjadi dua macam. Yang pertama adalah bahasa lisan dan bahasa tulisan. Bahasa lisan akan berfungsi ketika seseorang mengucapkan kepada orang lain. Sedangkan bahasa tulisan akan berfungsi ketika tulisan tersebut di baca oleh orang lain.

Peran bahasa menjadi sangat penting dalam kebudayaan. Sebagai contoh, di satu desa dengan desa yang lain menggunakan bahasa daerah yang berbeda padahal masih masuk dalam lingkup wilayah kecamatan. Ini menunjukan bahasa menjadi satu identitas dalam kaca mata kebudayaan.

pxhere.com

2. Sistem Pengetahuan

Unsur berikutnya dari budaya adalah Sistem Pengetahuan. Yang di maksud dengan Sistem Pengetahuan adalah segala hal yang mampu di ketahui dengan ilmu oleh umat manusia yang berbudaya. Manusia mampu mengetahui kondisi lingkungan sekitar dan sifat serta fungsi peralatan yang mereka gunakan.

Sistem Pengetahuan ini juga meliputi pengetahuan manusia tentang flora dan fauna, tentang waktu dan ruang, tentang alam dan juga tentang pengetahuan manusia mengenai sifat-sifat umat manusia yang lainnya.

3. Sistem Sosial

Hal berikutnya yang menjadi unsur dari budaya adalah sistem sosial. Sistem sosial akan terbentuk bilamana satu individu dengan individu yang lain dengan pengetahuan yang di milikinya merasa sama dan setara. Maka dengan begitu mereka secara sadar akan membentuk suatu sistem kelompok.

4. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi

Setelah masing-masing individu tersebut berkumpul dengan kesamaan nasib yang setara, maka dalam sistem sosial tersebut mereka akan bersama-sama menyepakati untuk merancang Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi. Dan Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi ini merupakan unsur berikutnya dari budaya.

Manusia dalam satu sistem sosial tersebut akan membuat Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi dengan menciptakan peralatan memasak, pakaian, senjata dan lain sebagainya.

5. Sistem Mata Pencaharian Hidup

Setelah mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan peralatan, peralatan yang mereka ciptakan tentu akan sia-sia bila hanya bersifat tunggal. Maka agar bisa maksimal manusia dalam satu sistem sosial tersebut akan menciptakan Sistem Mata Pencaharian Hidup.

Sistem Mata Pencaharian Hidup ini memiliki motif utama ekonomi. Bisa berupa perdangangan, perburuan dan lain sebagainya.

6. Sistem Religi

Manusia-manusia yang telah komplet sampai ke tahapan ekonomi, mereka akan merasa ada sesuatu yang kurang. Karena mungkin semua kebutuhan pangan, sandang dan papan bisa mereka cukup. Namun, ada di relung terdalam mereka menjerit dan membutuhkan suatu hal yang entah apa.

Kemudian mereka mulai mencari-cari dan menemukan apa yang mereka cari, yaitu tuhan. Pengetahuan tentang tuhan tersebut kemudian di kelompokan menjadi agama-agama atau religi tertentu. Dengan segala sisi perbedaan antara satu agama dengan agama lain.

7. Kesenian

Kemudian unsur ke 7 dari suatu kebudayaan adalah kesenian. Kalau religi bersifat untuk memenuhi kebutuhan spiritual umat manusia, lain hal dengan kesenian. Kesenian tercipta atas dasar kebutuhan manusia akan keindahan dan estetika dalam bentuk karya seni.

Kesenian bersumber dari segala hal yang mereka sehari-hari kerjakan. Kemudian mereka mengubah hal-hal sederhana menjadi karya seni yang indah dan penuh dengan estetika. Dengan begitu, hasrat mereka telah terpenuhi karena mampu menciptakan keindahan dalam bentuk yang lain yaitu karya seni.

Kesimpulan

Nah itulah 7 macam unsur dari kebudayaan yang bersifat secara umum atau universal. Mungkin ada banyak budayawan yang memiliki unsur-unsur budaya tersendiri. Namun secara umum, kebudayaan itu tersusun atas dasar 7 unsur diatas. Itu jika di runut dari ranah paling dasar sampai yang paling luar atau eksternal. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *